KONSTRUKSI REALITAS MEDIA MASSA DALAM PERISTIWA DEMONSTRASI (Analisis Framing Solopos dan Joglosemar pada Pemberitaan Aksi Damai Bela Islam 4 November 2016)

PRASETYA, BENY (2017) KONSTRUKSI REALITAS MEDIA MASSA DALAM PERISTIWA DEMONSTRASI (Analisis Framing Solopos dan Joglosemar pada Pemberitaan Aksi Damai Bela Islam 4 November 2016). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Demonstrasi di Indonesia dilindungi oleh hukum, termasuk demonstrasi yang berpusat di Jakarta adalah peristiwa yang terjadi karena penuntutan sejumlah umat muslim terhadap pernyataan Basuki Tjahya Purnama di Pulau Pramuka. Peristiwa yang terjadi di Jakarta tersebut tak menutup kemungkinan diberitakan diluar daerahnya seperti di Solo dan sekitarnya. Joglosemar dan Solopos adalah media lokal yang memiliki coverage area Solo Raya dimana wilayah itu memiliki kedekatan psikologis agama dengan peristiwa demonstrasi itu. Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat bagaimana Joglosemar dan Solopos melakukan konstruksi pemberitaan tentang Demonstrasi Aksi Damai Bela Islam 4 November 2016. Menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis framing sebagai metodenya, pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi teks/dokumen. Dimana sasaran utama dalam penelitian ini adalah berita tentang demontrasi itu, atau bisa dikatakan sebagai data primer penelitian. Dari hasil analisis pemberitaan Joglosemar dan Solopos dengan model framing Entman ternyata didapatkan bahwa konstruksi pemberitaan mereka sebelum demonstrasi itu adalah damai dan tidak ricuh dalam demonstrasi. Solopos sendiri mengkonstruksi bahwa demonstrasi itu adalah sebuah proses penuntutan hukum, dan Joglosemar adalah sebuah masalah kebangsaan. Perbedaan lainnya dimana hasil konstruksi Solopos memberikan perspektif ekonomi dalam pemberitaannya. Sedangkan Joglosemar memberikan porsi lebih kepada berita bersifat kedaerahan. Kata Kunci: Demonstrasi, Media Lokal, Framing, dan Konstruksi Berita

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 06 Jul 2017 01:27
Last Modified: 06 Jul 2017 01:27
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12176

Actions (login required)

View Item View Item