PENGARUH MODAL PSIKOLOGIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL YANG DI MEDIASI OLEH KEPUASAN KERJA PADA PT. MUNCUL SUKSES ABADI YOGYAKARTA

Hijrianto, Mochammad Arif (2017) PENGARUH MODAL PSIKOLOGIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL YANG DI MEDIASI OLEH KEPUASAN KERJA PADA PT. MUNCUL SUKSES ABADI YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (554kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (342kB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh modal psikologis dan kecerdasan emosional terhadap komitmen organisasional yang di mediasi kepuasan kerja pada PT Muncul Sukses Abadi Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan teknik analisis jalur (path analysis) untuk menganalisis variabel dependen, independen, dan mediasi. Dengan populasi semua karyawan PT Muncul Sukses Abadi Yogyakarta yang berjumlah 45 orang. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara dengan HRD dan penyebaran kuesioner kepada karyawan. Dari hasil analisis regresi sederhana variabel modal psikologis berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasional. Ditunjukkan oleh nilai signifikan sebesar 0.000, dimana 0.000 ≤ 0.05. Selanjutnya variabel kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasional. Ditunjukkan oleh nilai signifikan sebesar 0.000, dimana 0.000 ≤ 0.05. Kemudian hasil analisis jalur menunjukkan bahwa ada pengaruh langsung Modal Psikologis terhadap Komitmen Organisasional (P1), yaitu β=0,516 dengan nilai Signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 berarti ada pengaruh langsung. Dan pengaruh tak langsung yaitu dari Modal Psikologis ke Kepuasan Kerja (P2), kemudian ke Komitmen Organisasional (P3). Ditunjukkan dengan nilai β P2 (0, 592) x nilai β P3 (0, 740) hasilnya 0, 438. Selanjutnya ada pengaruh langsung Kecerdasan Emosional terhadap Komitmen Organisasional (P1), yaitu β=0,771 dengan nilai Signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Dan pengaruh tak langsung yaitu dari Kecerdasan Emosional ke Kepuasan Kerja (P2) kemudian ke Komitmen Organisasional (P3). Ditunjukkan dengan nilai P2 (0, 717) x nilai P3 (0, 740) Hasilnya 0, 531. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa hipotesis I, hipotesis II, hipotesis III, hipotesis IV diterima dan diberikan beberapa saran.
Kata Kunci : Kecerdasan emosional, Kepuasan kerja, Komitmen organisasional, Modal Psikologis

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosional, Kepuasan kerja, Komitmen organisasional, Modal Psikologis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 08 Jun 2017 06:21
Last Modified: 04 Dec 2023 02:43
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12076

Actions (login required)

View Item View Item