ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN BUKALAPAK PADA SERIAL YOUTUBE “MEDOK PENDEKAR JARI SAKTI”

Priambodo, Rikat (2017) ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN BUKALAPAK PADA SERIAL YOUTUBE “MEDOK PENDEKAR JARI SAKTI”. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER_RIKATPRIAMBODO_153130268_ILKOM2017.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN_RIKATPRIAMBODO_153130268_ILKOM2017.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_RIKATPRIAMBODO_153130268_ILKOM2017.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTARISI_RIKATPRIAMBODO_153130268_ILKOM2017.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Iklan adalah sarana komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari pengiklan kepada target audiensnya. Salah satu media beriklan yang efektif digunakan adalah Youtube. Youtube mampu mengambil peran dengan informasi detil mengenai suatu produk. Kelebihan ini dimanfaatkan oleh perusahaan e-commerce sebagai media periklanan, salah satunya adalah Bukalapak. Penelitian ini adalah penelitian analisis deskriptif kualitatif yang berfokus pada makna yang disampaikan dalam iklan Bukalapak. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 8 episode serial iklan Youtube Bukalapak ‘Medok Pendekar Jari Sakti. Serial ini terkenal dengan metode penyampaian iklan yang sederhana tapi mengandung banyak makna. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan makna denotasi, konotasi dan mitos yang terdapat dalam bentuk bagan tanda. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui makna iklan yang ingin disampaikan dalam iklan tersebut Penelitian ini menggunakan teori semiotika menurut perspektif Roland Barthes. Semiotika merupakan ilmu yang mempelajari tentang tanda, fungsi tanda dan produksi makna. Penelitian ini juga menggunakan 7 dari 9 formula keabsahan data yang dikemukakan oleh Andrik Purwasito untuk menguatkan proses pemaknaan. Berdasarkan analisis yang sudah dilakukan, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa makna iklan yang disampaikan Bukalapak memuat pesan moral. Bukalapak sebagai komunikator berusaha memberikan pemaknaan kepada konsumennya tanpa memunculkan sikap konsumerisme. Selain itu, Bukalapak juga membangun kesan bahwa dirinya merupakan solusi dari berbagai permasalahan di masyarakat yang ditunjukkan dari makna denotasi, konotasi dan mitos yang terdapat dalam serial iklan ini. Kata kunci: semiotika, iklan, youtube

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:56
Last Modified: 06 Jun 2017 02:56
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12064

Actions (login required)

View Item View Item