APLIKAS BERBASIS ANDROID DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI NFC (NEAR FIELD COMMUNICATION) UNTUK INFORMASI KOLEKSI BENDA MUSEUM DI MUSEUM BIOLOGI YOGYAKARTA

Husaini, Muhammad Ali (2017) APLIKAS BERBASIS ANDROID DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI NFC (NEAR FIELD COMMUNICATION) UNTUK INFORMASI KOLEKSI BENDA MUSEUM DI MUSEUM BIOLOGI YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (392kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (849kB) | Preview
[thumbnail of LAPORAN SKRIPI.pdf] Text
LAPORAN SKRIPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Museum adalah tempat wisata edukatif yang digunakan oleh kalangan akademisi. Namun sayangnya minat masyarakat untuk menjadikan museum sebagai tujuan wisata sangatlah rendah. Oleh karena itu diperlukan inovasi untuk menarik minat masyarakat, dan dalam hal ini inovasi dilakukan dalam pemanfaatan teknologi NFC pada android. Saat ini teknologi NFC sedang berkembang pesat dan sudah dimanfaatkan dalam berbagai aplikasi, sehingga pemanfaatan teknologi ini diharapkan dapat menghilangkan kesan ketinggalan jaman dan kurang menarik pada museum.
Aplikasi ini akan dibagi menjadi dua, yaitu aplikasi mobile untuk pengunjung yang dikembangkan menggunakan software Android Studio dan aplikasi web yang dikembangkan menggunakan SublimeText. Aplikasi mobile yang dibuat dapat menampilkan informasi dari benda di museum dalam bentuk text, gambar, video, dan audio, dengan cara melakukan scanning pada NFC tag yang kemudian hasil scan tersebut akan mengarahkan aplikasi untuk mengambil data dari aplikasi web yang berfungsi sebagai server untuk manajemen database. Aplikasi mobile ini juga dapat menampilkan ruangan 360o dari setiap ruangan yang ada di museum.
Berdasarkan hasil implementasi yang telah diuji, aplikasi ini ternyata mampu menyampaikan informasi dalam format teks, gambar, suara, maupun video dengan melakukan scan pada NFC tag. Dari uji kelayakan aplikasi oleh pengguna secara acak.
Kata Kunci : Android, NFC, Museum Biologi, Informasi Multimedia, Aplikasi Mobile

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 02 Jun 2017 06:14
Last Modified: 10 Jul 2024 03:47
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12054

Actions (login required)

View Item View Item