EFEKTIFITAS IKLAN SUSU BEAR BRAND DI MEDIA TELEVISI

Astikarani, Evi (2017) EFEKTIFITAS IKLAN SUSU BEAR BRAND DI MEDIA TELEVISI. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of Cover bear brand.pdf]
Preview
Text
Cover bear brand.pdf

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of Halaman Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektifitas pada iklan susu Bear Brand di televisi dengan menggunakan EPIC Model yang dikembangkan oleh AC.Nielsen. Tipe penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Administrasi Bisis UPN Veteran Yogyakarta angkatan 2014 dan 2015 yang pernah menonton iklan susu Bear Brand di televisi dengan ukuran sampel sebanyak 68 responden. Alat analisa menggunakan EPIC Model melalui dua tahapan yaitu tabulasi sederhana dan skor rataan.
Hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan EPIC (Empathy, Persuasion, Impact, Communication) menunjukkan bahwa iklan susu Bear Brand secara keseluruhan dinilai (cukup efektif) dengan perolehan EPIC rate sebesar 3,16. Perincian dimensi empathy sebesar 2,98 yang berarti penonton iklan susu Bear Brand di media televisi cukup menyukai secara afeksi dan kognisi keberadaan iklan susu Bear Brand, dimensi persuasion sebesar 3,17 yang berarti pemirsa cukup tertarik terhadap produk dan berkeinginan untuk melakukan pembelian produk susu Bear Brand, dimensi impact dengan skor 3,5 yang berarti pemirsa sudah cukup mampu melibatkan konsumen untuk mengetahui secara detail mengenai produk susu Bear Brand, dan dimensi communication sebesar 3,00 berarti pemirsa cukup mampu mengukur tingkat kejelasan kemampuan, dan pemahaman informasi yang disampaikan.
Susu Bear Brand perlu meningkatkan lagi tahap empati, persuasi dan komunikasi. Susu Bear Brand harus lebih mengembangkan kreatifitasnya pada iklan dan membuat pesan iklan yang ingin dikomunikasikan menjadi lebih mudah dipahami oleh penononton.
Kata kunci: Efektifitas, Iklan, Televisi, EPIC Model, Empati, Persuasi, Impact, Komunikasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 11 Apr 2017 02:36
Last Modified: 18 Dec 2023 07:01
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11778

Actions (login required)

View Item View Item