PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP CITRA PERUSAHAAN (Studi Pada Pelanggan PT. PLN (Persero) Rayon Kebumen di Kecamatan Prembun, Kabupaten Kebumen)

RIZQI, M. ALFAT NUR (2017) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP CITRA PERUSAHAAN (Studi Pada Pelanggan PT. PLN (Persero) Rayon Kebumen di Kecamatan Prembun, Kabupaten Kebumen). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK ALFAT.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK ALFAT.pdf

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of COVER ALFAT.pdf]
Preview
Text
COVER ALFAT.pdf

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI ALFAT.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI ALFAT.pdf

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN ALFAT.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN ALFAT.pdf

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (91kB)

Abstract

Kualitas pelayananan berpusat pada upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan
pelanggan serta ketetapan penyampaiannya untuk mengimbangi harapan pelanggan.
PT. PLN (Persero) Rayon Kebumen merupakan salah satu kantor cabang dari PT.
PLN (Persero) Area Cilacap yang mempunyai harapan besar untuk selalu
mendapatkan citra perusahaan yang positif di benak pelanggan. Strategi yang
diterapkan PT. PLN (Persero) Rayon Kebumen untuk mendapat citra positif di mata
publik adalah dengan menerapkan pelayanan yang berkualitas. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas
pelayanan terhadap citra perusahaan PT. PLN (Persero) Rayon Kebumen. Teori yang
dipakai dalam penelitian ini adalah teori S-R (Stimulus-Response). Metode penelitian
ini menggunakan metode kuantitatif dan tipe penelitian survey. Populasi dalam
penelitian ini adalah pelanggan PT. PLN (Persero) di Kecamatan Prembun,
Kabupaten Kebumen. Teknik sampling menggunakan random sampling (acak) yang
berjumlah 99 responden. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment
dan regresi linear sederhana. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh yang
positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap citra perusahaan PT. PLN
(Persero) Rayon Kebumen. Hasil analisis menggunakan korelasi product moment
diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,739 dan signifikansi 0,000. Berarti
terdapat hubungan yang kuat antara variabel kualitas pelayanan terhadap citra
perusahaan PT. PLN (Persero) Rayon Kebumen. Hasil analisis menggunakan regresi
linear sederhana didapatkan nilai sebesar 54,7%, yang artinya bahwa citra perusahaan
PT. PLN (Persero) Rayon Kebumen dapat dijelaskan melalui kualitas pelayanan yang
diterapkan PT. PLN (Persero) Rayon Kebumen, dan sisanya 45,3% dijelaskan oleh
faktor lain diluar dari yang diteliti. Faktor lain tersebut misalnya identitas fisik
perusahaan, identitas non fisik perusahaan, manajemen perusahaan, aktifitas dan pola
hubungan perusahaan. Dari keseluruhan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan
bahwa teori stimulus-response teruji dan relevan pada populasi di penelitian ini.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan
ii
ABSTRACT
Service quality focused on fulfilling customer’s need and delivering communication
for complying customer’s expectations. PT. PLN (Persero) Area of Kebumen is one of
branch office of PT. PLN (Persero) Area of Cilacap which has high expectations to
get good corporate image within the customer’s mind. PT. PLN’s (Persero) Area of
Kebumen strategy to get good corporate image is by applying excellent service. This
research aims to know the positive and significant impact between the service quality
and the corporate image of PT. PLN (Persero) Area of Kebumen. The S-R (Stimulus-
Response) theory, collaborated with quantitative approach and survey technique as
research method, is used within this research. The research’s population are PT.
PLN’s (Persero) customers in Prembun District, Kebumen Regency. Sampling
technique uses random sampling with ninety nine respondents and data analysis uses
product moment correlation and simple linear regression. The research hypothesis is
there is a positive and significant influence between the service quality and the
corporate image of PT. PLN (Persero) Area of Kebumen. The analysis using product
moment correlation generates correlation coefficient value (r) as 0.739 and
signification as 0.000 which means there is vigorous correlation between the service
quality variable toward the corporate image of PT. PLN (Persero) Area of Kebumen.
The analysis using simple linear regresion generates value 54.7% which means that
the corporate image of PT. PLN (Persero) Area of Kebumen could be explained by
the service quality which applied by PT. PLN (Persero) Area of Kebumen, and the
remaining value 45.3% explained by other factors outside the main variable within
this research. The other factors may the company’s physical identity, the company’s
non-physical identity, corporate management, and the company’s activities and it’s
relationship pattern. Therefore, this research concludes that the S-R theory is tested
and relevant to this research’s population.
Keywords: Service quality, corporate image

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Service quality, corporate image
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 10 Apr 2017 06:22
Last Modified: 19 Dec 2023 00:50
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11768

Actions (login required)

View Item View Item