LITERASI MEDIA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL (FILM DOKUMENTER) BAGI GENERASI MUDA (Studi Deskriptif Pada Komunitas Kotakhitam Forum Di Yogyakarta)

ADRI, AGUIDO (2017) LITERASI MEDIA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL (FILM DOKUMENTER) BAGI GENERASI MUDA (Studi Deskriptif Pada Komunitas Kotakhitam Forum Di Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
abtrak Indonesia.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover LITERASI MEDIA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
halaman pengesahan.pdf

Download (623kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Indonesia sekarang telah memasuki media saturated era, yaitu era dimana perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat. Meski telah memasasuki media saturated era ternyata tidak diiringi dengan tindakan atau kemampuan literasi media yang baik di masyarakat Indonesia. Dalam penelitian ini objek yang diteliti adalah bagaimana kotakhitam Forum penyebaran literasi media melalui media audio visual (film dokumenter) bagi generasi muda dengan tujuan mendeskripsikan bagaimana literasi media dilakukan melalui media audio visual sehingga teori yang digunakan adalah melalui konsep atau metode literasi media dan teori fenomenologi untuk melihat literasi media yang dilakukan oleh kitakhitam Forum. Jenis penelitian ini adalah penelitian metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Untuk menunjang pemahaman literasi media melalui audio visual, kotakhitam forum membuat program workshop seperti history in screen, workout dan replay dengan sasarannya adalah generasi muda. Disinilah kotakhitam Forum memfasilitasi ruang kreatif dan mengembangkan daya pikir kritis, meliputi kemampuan mencari, mengolah, mengemas dan mengkomunikasikan informasi melalui narasi pada media film dokumenter. Program-progrm ini dibuat memiliki tujuan yaitu khalayak khususnya generasi muda berpikir kritis dan terliterate. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa melalui media audio visual menghadirkan satu bentuk pemahaman terhadap literasi media dan juga melalui media audio visual, kotakhitam forum memberikan cara lain atau bentuk alternative dalam cara membaca sehingga timbul sikap kritis dan kreatif dari belajar dan berkarya melalui film dokumenter. Kata kunci: Literasi media, audio visual dan kotakhitam Forum

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 07 Apr 2017 03:32
Last Modified: 07 Apr 2017 03:32
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11738

Actions (login required)

View Item View Item