Dewangga, Alvian Pandhu (2017) PERENCANAAN STRATEGI PENGEMBANGAN PADA HOTEL GRAND SURYA YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (135kB) | Preview |
Preview |
Text
COVER.pdf Download (214kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (145kB) | Preview |
Preview |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Text
daftar pustaka.pdf Download (86kB) |
|
Text
SKRIPSI-FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah merumuskan perencanaan strategi
pengembangan yang tepat untuk Hotel Grand Surya serta menentukan prioritas
perencanaan strategi pengembangan perusahaan yang dapat digunakan oleh
Hotel Grand Surya dengan menggunakan metode QSPM. Penelitian tentang
perencanaan strategi pengembangan pada Hotel Grand Surya dilakukan dengan
menganalisis faktor internal dan eksternal. Analisis tersebut dilakukan untuk
mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimilki oleh
Hotel Grand Surya. Analisis faktor internal dan eksternal juga digunakan untuk
mengetahui posisi Hotel Grand Surya saat ini yaitu pada kuadran I dengan
kondisi grow and Build (strategi yang dapat diginakan adalah pengembangan
produk dan pasar, penetrasi pasar) atau integrative (integrasi kedepan, integrasi
kebelakang, dan integrasi horizontal). Penyusunan strategi dilakukan dengan
manganalisis faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki
oleh Hotel Grand Surya menggunakan matriks SWOT. Analisis SWOT
menghasilkan 9 alternatif strategi pengembangan. Alternatif strategi tersebut
dianalisis dengan menggunakan matriks QSPM (Quantitative Strategic
Planning Matrix) untuk mengetahui alternatif stertegi yang memiliki skor daya
tarik tertinggi. Hasil analisis menggunakan matriks QSPM menunjukkan bahwa
strategi tentang meningkatkan pemanfaatan promosi melalui media social dan
online booking dengan memasukan konten harga, fasilitas, dan layanan
penginapan merupakan alternatif strategi yang mendapatkan skor ketertarikan
tertinggi. Strategi kedua yang dapat diterapkan adalah bekerjasama dengan Kota
Yogyakarta (Dinas Pariwisata) dalam melakukan promosi kepada wisatawan
Kota Yogyakarta sebagai hotel yang berada di pusat kota dengan harga yang
murah dalam list penginapan pada website Kota Yogyakarta
Kata kunci : Perencanaan Strategi, SWOT, QSPM
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perencanaan Strategi, SWOT, QSPM |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 06 Apr 2017 03:24 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 02:26 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11718 |
Actions (login required)
View Item |