KAJIAN AIRTANAH PAYAU DAN PENGOLAHANNYA SEBAGAI AIR BAKU AIR MINUM DI DESA PASEBAN DAN SEKITARNYA, KECAMATAN BAYAT, KABUPATEN KLATEN, PROVINSI JAWA TENGAH

Sonia, Humaira Ghina Hilda (2017) KAJIAN AIRTANAH PAYAU DAN PENGOLAHANNYA SEBAGAI AIR BAKU AIR MINUM DI DESA PASEBAN DAN SEKITARNYA, KECAMATAN BAYAT, KABUPATEN KLATEN, PROVINSI JAWA TENGAH. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstract.pdf]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (344kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi.pdf] Text
Skripsi.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penduduk di Desa Paseban tidak dapat menggunakan airtanah yang ada dikarenakan airtanah yang berasal dari sumur gali dirasa sedikit asin atau payau. Warga hanya menggunakan airtanah dari sumur gali tersebut untuk kebutuhan sehari – hari kecuali untuk konsumsi karena takut apabila air tersebut dikonsumsi akan menimbulkan gangguan bagi kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebaran airtanah payau dan arahan pengolahan airtanah payau dilokasi tersebut sebagai air baku air minum.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya adalah metode survei dan pemetaan, metode matematis, metode wawancara, metode geolistrik, metode analisis laboratorium dan pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Analisis yang digunakan untuk mengetahui penyebab airtanah payau adalah analisis karakterstik akuifer, analisis arah aliran airtanah, dan analisis kualitas airtanah. Parameter yang digunakan untuk mengetahui kandungan kualitas airtanah dilokasi penelitian adalah parameter fisik seperti rasa, bau, warna, kekeruhan, DHL dan TDS. Untuk parameter kimia yang diuji diantaranya adalah pH, Cl-, Ca2+, Na+ , Mg, dan kesadahan sebagai CaCO3. Sedangkan parameter biologi yang diuji adalah total bakteri Coliform.
Hasil yang diperoleh yaitu penyebaran airtanah payau membentuk suatu cekungan pada bagian barat laut Dusun Lemah Miring. Semakin mendekati cekungan tersebut maka airtanah akan semakin berasa payau dan sebaliknya semakin menjauhi cekungan tersebut maka akan semakin tawar. Untuk mengolah airtanah payau menjadi air baku air minum arahan pengelolaan yang disarankan adalah dengan menggunakan Portable Water Treatment.
Kata Kunci : Airtanah Payau, Air Evaporate, Portable Water Treatment

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 05 Apr 2017 04:44
Last Modified: 22 Jun 2022 02:50
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11702

Actions (login required)

View Item View Item