POLA KOMUNIKASI TERAUPETIK DOKTER GIGI MUDA PADA PASIEN (Studi Deskriptif Komunikasi Teraupetik Dokter Gigi Muda pada Pasien dalam Upaya pengobatan yang Tuntas di Klinik Konservasi RSGM Prof.Soedomo Yogyakarta)

Larasanti, Herini Bunga (2017) POLA KOMUNIKASI TERAUPETIK DOKTER GIGI MUDA PADA PASIEN (Studi Deskriptif Komunikasi Teraupetik Dokter Gigi Muda pada Pasien dalam Upaya pengobatan yang Tuntas di Klinik Konservasi RSGM Prof.Soedomo Yogyakarta). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HAlaman Pengesahan.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Terjadinya kasus pengobatan gigi yang tidak tuntas oleh dokter gigi muda salah satunya dapat disebabkan oleh kurangnya komunikasi yang baik sehingga tidak memunculkan pemahaman dan kesadaran pasien tentang pentingnya pengobatan yang tuntas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan meneliti proses komunikasi teraupetik dokter gigi muda dengan pasien di RSGM Prof.Soedomo Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengambilan sumber data menggunakan wawancara dan observasi di klinik konservasi RSGM Prof.Soedomo Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini menyatakan bawa pola komunikasi teraupetik dokter gigi muda terhadap pasien di klinik konservasi RSGM Prof.Soedomo Yogyakarta berjalan dengan baik. Komunikasi teraupetik dalam menjalin kepercayaan dan hubungan yang dekat antara dokter gigi muda ditunjukan dengan sikap dokter gigi muda yang ramah, bersahabat, senyum, sapa, salam, dan berpenampilan rapi. Ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam prsoses komunikasi teraupetik antara lain: pola komunikasi teraupetik, kendala dalam komunikasi teraupetik, budaya komunikasi teraupetik dalam upaya pengobatan yang tuntas. Pola komunikasi teraupetik terbagi dalam empat fase yaitu, fase pra-interaksi, fase perkenalan, fase tindakan dan fase terminasi. Hubungan teraupetik antara dokter gigi muda dengan pasien diwujudkan melalui komunkasi verbal dan non-verbal yang berjalan dengan baik sehingga melahirkan kepercayaan dan kesadaran pasien tentang pentingnya pengobatan yang tuntas. Kata kunci : komunikasi teraupetik,konservasi,pengobatan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 04 Apr 2017 02:23
Last Modified: 04 Apr 2017 02:23
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11677

Actions (login required)

View Item View Item