ILLANO VRIZA, HARRIS (2017) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUASAN (Studi pada Pelanggan Maskapai Penerbangan Air Asia di Bandar Udara Adisutjipto Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
1 COVER.pdf Download (173kB) | Preview |
Preview |
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (791kB) | Preview |
Preview |
Text
3 ABSTRAKSI.pdf Download (30kB) | Preview |
Preview |
Text
4 DAFTAR ISI.pdf Download (152kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang
memengaruhi kepuasan pelanggan penerbangan Air Asia. Jenis penelitian
exploratory dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel
menggunakan metode accidental sampling dengan ukuran sampel 97 responden
melalui penyebaran di Bandar Udara Adisutjipto dengan google form.
Pengambilan variabel dalam penelitian ini menggunakan 2 teknik. Teknik
pertama adalah memecah faktor yang terdapat pada teori. Teknik kedua adalah
mengambil variabel dari penelitian terdahulu yang relevan dengan penelitian ini.
Hasil dari analisis faktor menunjukkan bahwa dari 21 variabel yang
terekstraksi menjadi 4 faktor baru, dan diberi nama baru (1) Faktor Kemudahan
dengan eigenvalue 10,083, terdiri dari beberapa variabel yaitu; keamanan, akses,
fasilitas, empati, dan promosi. (2) Faktor Kesopanan dengan eigenvalue 1,212,
terdiri dari beberapa variabel yaitu; kesopanan, kualitas produk, kualitas
pelayanan, kompetensi, daya tanggap, dan memahami kebutuhan pelanggan. (3)
Faktor Biaya dengan eigenvalue 1,175, terdiri dari beberapa variabel yaitu;
kepercayaan, biaya, kredibilitas, dan harga. (4) Faktor Keamanan dengan
eigenvalue 1,045, terdiri dari beberapa variabel yaitu; keamanan, jaminan,
kehandalan, tepat waktu, dan bukti langsung.
Saran dari penelitian ini adalah terdapat 4 faktor yang memengaruhi
kepuasan pelanggan maskapai penerbangan Air Asia, maka perusahaan sebaiknya
perusahaan perlu meningkatkan variabel-variabel yang memiliki nilai muatan
faktor yang paling rendah seperti variabel bukti langsung yaitu kenyamanan kursi
penumpang agar pelanggan dapat merasa terpuaskan dan menjadi pelanggan setia
maskapai penerbangan Air Asia serta merekomendasikan kepada koleganya untuk
menggunakan jasa penerbangan maskapai Air Asia. Untuk penelitian berikutnya,
disarankan untuk mengaitkan hasil penelitiannya dengan loyalitas pelanggan,
populasi yang lebih luas serta ukuran sampel yang lebih banyak lagi sehingga
hasil penelitian dapat menjadi referensi bagi peneliti yang akan datang.
Kata kunci: Analisis Faktor, Kepuasan Pelanggan, Air Asia.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 31 Mar 2017 02:44 |
Last Modified: | 31 Mar 2017 02:44 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11642 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |