IKLAN FILM DAN BAHASA VISUAL (Analisis Semiotika Iklan Film Ada Apa Dengan Cinta? dan Ada Apa Dengan Cinta? 2 Produksi MILES Films)

Novita Toghas, Devada (2017) IKLAN FILM DAN BAHASA VISUAL (Analisis Semiotika Iklan Film Ada Apa Dengan Cinta? dan Ada Apa Dengan Cinta? 2 Produksi MILES Films). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (333kB) | Preview

Abstract

Iklan film menjadi sebuah cara efektif dalam mempengaruhi masyarakat dalam memilih film. Iklan film diproduksi dalam bentuk video yang berisi beberapa potongan scene dari film yang diiklankan dengan mengandalkan visualisasi dan audio atau bahkan hanya berupa sinopsis yang mengandalkan kekuatan kata serta gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan bahasa visual melalui analisis semiotika iklan film Ada Apa Dengan Cinta? dan Ada Apa Dengan Cinta? 2 produksi MILES Films. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori analisis semiotika. Semiotika merupakan suatu cara untuk menganalisis dan memberikan makna terhadap lambang-lambang yang terdapat dalam suatu pesan berupa gambar maupun teks. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis semiotika Roland Barthes. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melalui pengamatan, mengidentifikasi bahasa visual, menyimpulkan hasil analisis dan melalui studi pustaka serta menelaah hasil dokumentasi iklan film Ada Apa Dengan Cinta? dan Ada Apa Dengan Cinta? 2. Teknik validitas data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tiga dari sembilan formula validitas penelitian semiotik, yaitu intertekstualitas, common sense dan penjelajahan ilmiah peneliti. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat perbedaan bahasa visual melalui analisis semiotika pada iklan film Ada Apa Dengan Cinta? dan Ada Apa Dengan Cinta? 2 yaitu tanda-tanda yang muncul seperti visualisasi gambar yang memiliki makna dan pesan kuat di dalamnya, pemilihan warna yang sesuai dengan visualisasi yang ditampilkan, bentuk yang muncul dalam sebuah background berupa garis dan bentuk persegi panjang yang muncul bersamaan dengan teks dan warna, suara berupa backsound musik, sound effect, dialog dan voice over, teks yang ditampilkan untuk mendeskripsikan isi iklan, serta menghasilkan dua mitos yaitu jalinan sebuah persahabatan dan percintaan di masa-masa SMA yang indah dan tak lekang oleh waktu. Solidaritas persahabatan yang selalu menghabiskan waktu bersama setiap saat, dan juga romansa percintaan yang indah dan selalu dikenang sampai kapanpun. Kata kunci: analisis semiotika, bahasa visual, dan iklan film.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 31 Mar 2017 02:20
Last Modified: 31 Mar 2017 02:20
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11641

Actions (login required)

View Item View Item