Toghas, Devada Novita (2017) IKLAN FILM DAN BAHASA VISUAL (Analisis Semiotika Iklan Film Ada Apa Dengan Cinta? dan Ada Apa Dengan Cinta? 2 Produksi MILES Films). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (91kB) | Preview |
Preview |
Text
COVER.pdf Download (244kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (12kB) | Preview |
Preview |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (333kB) | Preview |
Abstract
Iklan film menjadi sebuah cara efektif dalam mempengaruhi masyarakat dalam
memilih film. Iklan film diproduksi dalam bentuk video yang berisi beberapa
potongan scene dari film yang diiklankan dengan mengandalkan visualisasi dan
audio atau bahkan hanya berupa sinopsis yang mengandalkan kekuatan kata serta
gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan bahasa visual
melalui analisis semiotika iklan film Ada Apa Dengan Cinta? dan Ada Apa
Dengan Cinta? 2 produksi MILES Films. Teori yang digunakan dalam penelitian
ini adalah teori analisis semiotika. Semiotika merupakan suatu cara untuk
menganalisis dan memberikan makna terhadap lambang-lambang yang terdapat
dalam suatu pesan berupa gambar maupun teks. Model analisis yang digunakan
dalam penelitian ini adalah model analisis semiotika Roland Barthes. Teknik
pengumpulan data diperoleh melalui dokumentasi dan studi pustaka. Teknik
analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melalui pengamatan,
mengidentifikasi bahasa visual, menyimpulkan hasil analisis dan melalui studi
pustaka serta menelaah hasil dokumentasi iklan film Ada Apa Dengan Cinta? dan
Ada Apa Dengan Cinta? 2. Teknik validitas data dalam penelitian ini adalah
dengan menggunakan tiga dari sembilan formula validitas penelitian semiotik,
yaitu intertekstualitas, common sense dan penjelajahan ilmiah peneliti. Hasil
penelitian menemukan bahwa terdapat perbedaan bahasa visual melalui analisis
semiotika pada iklan film Ada Apa Dengan Cinta? dan Ada Apa Dengan Cinta? 2
yaitu tanda-tanda yang muncul seperti visualisasi gambar yang memiliki makna
dan pesan kuat di dalamnya, pemilihan warna yang sesuai dengan visualisasi yang
ditampilkan, bentuk yang muncul dalam sebuah background berupa garis dan
bentuk persegi panjang yang muncul bersamaan dengan teks dan warna, suara
berupa backsound musik, sound effect, dialog dan voice over, teks yang
ditampilkan untuk mendeskripsikan isi iklan, serta menghasilkan dua mitos yaitu
jalinan sebuah persahabatan dan percintaan di masa-masa SMA yang indah dan
tak lekang oleh waktu. Solidaritas persahabatan yang selalu menghabiskan waktu
bersama setiap saat, dan juga romansa percintaan yang indah dan selalu dikenang
sampai kapanpun.
Kata kunci: analisis semiotika, bahasa visual, dan iklan film.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 31 Mar 2017 02:20 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 02:11 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11641 |
Actions (login required)
View Item |