SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KELAYAKAN STADION SEPAKBOLA MENGGUNAKAN FUZZY DENGAN METODE MULTI CRITERIA DECISION MAKING (MCDM)

SUSANTO WALID DJABA, HAJARUL (2012) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KELAYAKAN STADION SEPAKBOLA MENGGUNAKAN FUZZY DENGAN METODE MULTI CRITERIA DECISION MAKING (MCDM). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (92kB)

Abstract

Dengan perkembangan teknologi seperti saat ini, banyak aspek kegiatan yang membutuhkan peran komputer untuk meningkatkan kepuasan pengguna serta meningkatkan kinerja seseorang. Banyak kegiatan yang ada saat ini menggunakan komputer. Begitu juga dengan aspek kegiatan olah raga yang menyangkut tentang kelayakan sebuah stadion sepakbola. Untuk menggelar suatu pertandingan, maka dalam penentuan kelayakan stadion pun juga dibutuhkan sebuah sistem yang dapat membantu dalam penentuan kelayakan stadion sepakbola terbaik sesuai dengan kriteria yang diinginkan oleh semua elemen. Sistem ini akan menggunakan fuzzy. Pada penerapan fuzzy untuk penentuan kelayakan stadion sepakbola terbaik maka ditetapkan metode Multi Criteria Decision Making(MCDM). MCDM adalah salah satu metode dalam membantu pengambilan keputusan terhadap beberapa alternatif keputusan dengan beberapa kriteria sebagai bahan pertimbangan. Pada skripsi ini telah dapat dibuat sebuah Sistem Pendukung Keputusan berbasis web untuk menyelesaikan masalah altenatif kelayakan stadion sepakbola. Pengembangan dari sistem yang dibangun ini menggunakan metodologi waterfall (siklus air terjun). Sedangkan metode pengambilan keputusan menggunakan Fuzzy dengan metode Multi Criteria Decision Making (MCDM). Pada tahap implementasi, sistem ini menggunakan PHP sebagai bahasa pemrogramannya, serta MySQL sebagai databasenya. Sistem pendukung keputusan ini dapat meningkatkan pelayanan dan kemudahan kepada badan verifikasi stadion atau para pengawas pertandingan sepakbola, karena dengan adanya aplikasi tersebut, maka mempermudah para pengawas pertandingan dalam melakukan tugasnya yaitu pengecekkan kualitas stadion. Serta dapat menghasilkan alternatif yang disarankan dengan kriteria yang didasarkan pada hasil analisis metode MCDM.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 14 Feb 2017 07:17
Last Modified: 14 Feb 2017 07:17
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11334

Actions (login required)

View Item View Item