PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN PENERAPAN PERFORMANCE PRISM DAN AHP (Studi Kasus di Rumah Sakit Umum Nur Hidayah, Yogyakarta)

SUSANTO, ARMAN (2012) PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN PENERAPAN PERFORMANCE PRISM DAN AHP (Studi Kasus di Rumah Sakit Umum Nur Hidayah, Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (95kB)

Abstract

Pengukuran kinerja yang tepat dapat menginformasikan kinerja perusahaan dalam mencapai visi dan misinya. Sejauh ini pengukuran kinerja kebanyakan hanya menitik beratkan pada aspek finansial, dimana selama perusahaan menghasilkan profit, maka kinerja perusahaan dikatakan baik. RSU Nur Hidayah merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pelayanan kesehatan yang melakukan pengukuran kinerja berfokus pada aspek finansial saja, sehingga perlu dilakukan pengukuran kinerja untuk aspek non finansial. Metode yang digunakan untuk mengukur kinerja aspek non finansial tersebut adalah Performance Prism, yang mengukur kinerja secara terintgrasi dengan bangun 3 dimensi dan 5 bidang sisi yaitu stakeholder satisfation, strategi, proses, kapabilitas dan stakeholder contribution. Hasil penelitian mengidentifikasi 5 stakeholder kunci RSU Nur Hidayah yaitu pasien, karyawan, supplier, masyarakat sekitar, dan pemilik. Dari stakeholder tersebut diidentifikasi keinginan dan kebutuhan serta kontribusinya. Kemudian melakukan identifikasi strategi, proses, dan kapabilitas yang dimiliki perusahaan serta menentukan objective dari keinginan dan kebutuhan untuk menentukan Key Performance Indicator (KPI). Selanjutnya melakukan pembobotan dengan AHP dan scoring OMAX untuk mengetahui score aktual RSU Nur Hidayah. Sistem pengukuran kinerja mendapatkan 37 KPI meliputi 15 KPI pasien, 10 KPI karyawan, 4 KPI supplier, 5 KPI masyarakat sekitar dan 3 KPI pemilik. Indeks pencapaian kinerja keseluruhan Tahun 2011 Rumah Sakit Umum Nur Hidayah sebesar 3,7433 yang berarti kinerja yang dicapai oleh Rumah Sakit Umum Nur Hidayah adalah rata-rata (standard), bila di bandingkan dengan target realistis dengan skor 10 (Skor kinerja sangat memuaskan). Kata kunci: Stakeholder, Performance Prism, Analitical Hierarchy Process (AHP), Objective Matrix (OMAX)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 14 Feb 2017 02:32
Last Modified: 14 Feb 2017 02:32
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11290

Actions (login required)

View Item View Item