STRATEGI MEDIA RELATIONS PT MERPATI NUSANTARA AIRLINES DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF

CANDRA, YUDHA ARYA (2013) STRATEGI MEDIA RELATIONS PT MERPATI NUSANTARA AIRLINES DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Media was the main source in meeting the information needs of the audience. Merpati Nusantara Airlines as a flight services company requires the mass media in order to convey information about a company to the public. Relationships forged between the MNA with the mass media will have a positive impact on the company's publications in the mass media. Media relations program implemented in order to build a good relationship between MNA with the mass media. This research attempt to determine the media relations strategy implemented Merpati Nusantara Airlines in building a positive image of the company. The purpose of this research is to describe MNA media relations strategy in building a positive image of the company. This research was conducted using qualitative descriptive research method, with the technique of collecting data through interviews, documentation and literature. The validity of the source data using triangulation by interviewing Public Relations MNA, media crews and the public. The results of this research shows that a relationship with the mass media needs to be done. Good relationships influence media coverage. Media relations is a program PT MNA to build good relations with the mass media. Expected with this program is able to promote good relations between the two sides.

Pemberitaan di media massa mengenai suatu perusahaan akan berpengaruh terhadap citra perusahaan kepada khalayak. Media massa menjadi sumber utama khalayak dalam memenuhi kebutuhan informasi. PT Merpati Nusantara Airlines sebagai salah satu perusahaan penyedia jasa penerbangan membutuhkan media massa guna menyampaikan informasi mengenai perusahaan terhadap khalayak. Hubungan yang dijalin baik antara PT MNA dengan media massa akan memberikan dampak positif terhadap publikasi mengenai perusahaan di media massa tersebut. Program media relations dilaksanakan guna membangun hubungan baik antara PT MNA dengan media massa. Penelitian ini berupaya untuk mengetahui strategi media relations yang dilaksanakan PT Merpati Nusantara Airlines dalam membangun citra positif perusahaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan strategi media relations PT MNA dalam membangun citra positif perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Validitas data menggunakan triangulasi sumber, dengan mewawancarai Public Relations PT MNA, jurnalis media massa dan masyarakat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa menjalin hubungan dengan media massa perlu dilakukan oleh sebuah perusahaan. Hubungan baik berpengaruh terhadap pemberitaan di media massa. Media relations menjadi program PT MNA guna membangun hubungan baik dengan media massa. Diharapkan dengan program ini mampu meningkatkan hubungan baik diantara kedua belah pihak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 25 Jan 2017 02:29
Last Modified: 06 Sep 2024 01:49
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11051

Actions (login required)

View Item View Item