PELANGGARAN ETIKA DALAM IKLAN (STUDI DESKRIPTIF IKLAN PENGOBATAN ALTERNATIF PADA SKH MERAPI DAN SKH METEOR PERIODE MEI-JUNI 2013)

SILVIANI, ARBIAN (2013) PELANGGARAN ETIKA DALAM IKLAN (STUDI DESKRIPTIF IKLAN PENGOBATAN ALTERNATIF PADA SKH MERAPI DAN SKH METEOR PERIODE MEI-JUNI 2013). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of abstrak.pdf]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 0003.jpg]
Preview
Image
0003.jpg

Download (474kB) | Preview
[thumbnail of SILVI.pdf] Text
SILVI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Iklan yang dimuat di surat kabar diharapkan tidak melanggar etika periklanan,
agar tidak merugikan pihak lain. Namun kenyataannya, banyak iklan yang dimuat
di SKH Meteor dan SKH Merapi seperti halnya iklan pengobatan alternatif tidak
mengindahkan etika perikalanan dan melanggar etika periklanan Indonesia. Tujuan
penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pelanggaran etika dalam iklan
pengobatan di “SKH Meteor”dan “SKH Merapi” selama dua bulan periode Mei-
Juni 2013; (2) untuk mengetahui pelanggaran etika iklan pengobatan ditinjau dari
isi iklan, ragam iklan, pemeran iklan, wahana iklan dan pengiklan. Jenis penelitian
adalah penelitian deskriptif kualitatif. Objek iklan adalah iklan baris dan iklan
kolom. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan wawancara
dengan nara sumber ketua PPPI Yogyakarta, pimpinan Koran Merapi, pimpinan
Harian Meteor, dan kreatif direktur Existcomm. Trianggulasi data menggunakan
trianggulasi sumber data dan trianggulasi metode. Teknik analisis data
menggunakan analisis model interaktif meliputi reduksi data, penyajian dan
pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa iklan pengobatan
alternatif yang dimuat di SKH Merapi dan SKH Meteor memiliki kecenderungan
melanggar etika periklanan. Pelanggaran etika periklanan yang banyak dilakukan
atau terjadi secara berurutan adalah: (1) Isi iklan, yaitu semua iklan menggunakan
kata-kata “100%”, “nomor satu”, “ter”, “gratis”,”garansi”, “uang kembali”; (2)
Ragam iklan, yaitu sebagain besar iklan seringkali tidak mencantumkan izin dari
instansi atau lembaga yang berwenang; (3) Pemeran iklan, yaitu hampir separoh
iklan terutama iklan kolom memamerkan gambar wanita seksi; (4) Wahana iklan,
yaitu beberapa iklan menggunakan ukuran dan bentuk huruf yang kurang jelas; (5)
Pengiklan, yaitu ada sebagian kecil iklan yang tidak mencantumkan informasi
tentang identitas pengiklan.
Kata kunci: iklan, pengobatan alternatif, etika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 19 Jan 2017 03:24
Last Modified: 11 Sep 2024 06:23
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10955

Actions (login required)

View Item View Item