APLIKASI PEMBELAJARAN TENTANG TATA SURYA, BUMI DAN MATAHARI, SERTA LAPISAN LITHOSFER DENGAN PENERAPAN RICH INTERNET APPLICATION (RIA)

Pratama, Mario Bayu (2013) APLIKASI PEMBELAJARAN TENTANG TATA SURYA, BUMI DAN MATAHARI, SERTA LAPISAN LITHOSFER DENGAN PENERAPAN RICH INTERNET APPLICATION (RIA). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (45kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sekarang ini, teknologi informasi sedang berkembang dengan pesat yang memungkinkan semua orang dapat mengakses sebuah informasi melalui jaringan internet, termasuk mengakses materi pembelajaran. Fisika adalah salah satu materi pelajaran pada SMP, pada kelas IX terdapat beberapa sub materi yaitu tata surya, matahari dan bumi, serta lapisan lithosfer. Namun dalam proses penyampaian materi, sebagian guru masih menggunakan metode konvensional dimana guru masih sering menyampaikan materi menggunakan buku-buku, teks, serta gambar tanpa adanya visualisasi yang mendukung penyampaian materi. Salah satu solusi dari permasalahan ini adalah dengan mengimplementasikan alternatif cara belajar yang lebih interaktif. Oleh karena itu, dibuatlah suatu aplikasi pembelajaran tentang tata surya, bumi dan matahari, serta lapisan lithosfer dengan penerapan Rich Internet Application (RIA). Pada skripsi ini telah dapat dibuat aplikasi sebagai media pembelajaran tata surya, bumi dan matahari, serta lapisan lithosfer. Metode yang digunakan dalam perancangan dan pembuatan aplikasi ini adalah metode pengembangan multimedia. Aplikasi ini dibuat dengan Adobe Flash CS5 Professional, Adobe Photoshop CS5 Professional, Adobe Dreamwaver CS5 Proffesional. Aplikasi ini merupakan alternatif media pembelajaran tata surya, bumi dan matahari, serta lapisan lithosfer yang pada mulanya masih bersifat konvensional. Materi yang dibahas antara lain, peredaran bumi dan bulan, orbit planet, planet, komet, asteroid, meteor dan meteorit, struktur matahari, sumber energi matahari, bumi, rotasi bulan, gerhana, lapisan lithosfer, permukaan bumi, pelapukan, dan pemanasan global. Pada aplikasi ini user dapat membaca teori, melihat animasi, serta mengevaluasi pemahaman materi yang didapat pada aplikasi ini melalui latihan soal yang telah disediakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Ratna Sufiatin
Date Deposited: 18 Jan 2017 03:32
Last Modified: 18 Jan 2017 03:32
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10901

Actions (login required)

View Item View Item