ANALISIS EFEKTIFITAS IKLAN PERMEN MENTOS (VERSI RAISA) DIUKUR MENGGUNAKAN EPIC MODEL (Studi pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis UPN Veteran Yogyakarta Angkatan 2013-2015)

ARIF, ARIF (2016) ANALISIS EFEKTIFITAS IKLAN PERMEN MENTOS (VERSI RAISA) DIUKUR MENGGUNAKAN EPIC MODEL (Studi pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis UPN Veteran Yogyakarta Angkatan 2013-2015). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK ARIF.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (527kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Disusun oleh : Arif Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta Tahun 2016 Iklan merupakan salah satu media komunikasi pemasaran yang kerap digunakan dalam aktivitas ekonomi dalam upaya mengenalkan produk kepada konsumen. Situasi pasar yang kompetitif menjadikan tidak ada suatu bisnis yang mampu bertahan lama tanpa didukung oleh bauran komunikasi pemasaran seperti iklan yang efektif dan efesien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas iklan Versi Raisa pada iklan mentos diukur menggunakan EPIC model. Tipe penelitian ini adalah metode deskriptif yang digunakan untuk menilai efektifitas Iklan Mentos Versi Raisa. Responden penelitian ini adalah mahasiswa UPN “Veteran” Yogyakarta Program Studi Administrasi Bisnis Angkatan Tahun 2013-2015 dengan jumlah sampel sebanyak 78 responden. Dan metode penarikan sampel yang digunakan adalah sampling insidental yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, dan analisis data menggunakan EPIC Rate. Kesimpulan penelitian ini adalah : 1) Berdasarkan dimensi empati yang berkenaan dengan emosi atau perasaan dan pemikiran konsumen dalam melihat iklan Permen Mentos (Versi Raisa) diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,85 yang berarti efektif; 2) Berdasarkan dimensi persuasif yang berkenaan dengan kepercayaan, sikap, dan keinginan berperilaku konsumen dalam melihat iklan Permen Mentos (Versi Raisa) diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,73 yang berarti efektif; 3) Berdasarkan dimensi dampak yang berkenaan dengan pengetahuan produk dan keterlibatan konsumen dalam melihat iklan Permen Mentos (Versi Raisa) diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,68 yang berarti efektif; 4) Berdasarkan dimensi komunikasi yang berkenaan dengan kemampuan mengingat pesan, pemahaman konsumen, dan kekuatan pesan dalam melihat iklan Permen Mentos (Versi Raisa) diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,90 yang berarti efektif; dan 5) Secara keseluruhan iklan Permen Mentos (Versi Raisa) sudah efektif jika diukur menggunakan dimensi EPIC, dimensi komunikasi memiliki tingkat efektivitas tertinggi dengan skor rata-rata sebesar 3,90, selanjutnya diikuti oleh dimensi empati dengan skor rata-rata sebesar 3,85, dimensi persuasif dengan skor rata-rata sebesar 3,73 dan yang terakhir dimensi dampak dengan skor rata-rata sebesar 3,68. Kata Kunci : Iklan, Efektifitas, Empati, Persuasif, Dampak, dan Komunikasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 17 May 2016 01:51
Last Modified: 17 May 2016 01:51
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/1076

Actions (login required)

View Item View Item