EVALUASI SHELTER BARU TRANS JOGJA TERHADAP TINGKAT KEPENTINGAN DAN KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus di Shelter RSUP dr. Sardjito)

Yudhistira, Arya (2011) EVALUASI SHELTER BARU TRANS JOGJA TERHADAP TINGKAT KEPENTINGAN DAN KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus di Shelter RSUP dr. Sardjito). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Arya Yudhistira.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Di tengah pertumbuhan kendaraan pribadi yang semakin tak terkendali, hadirnya bus Trans Jogja sebagai alat transportasi modern di Yogyakarta merupakan suatu terobosan. Trans Jogja merupakan alat transportasi yang aman dan nyaman di Yogyakarta yang disediakan oleh Pemprov DIY. Awalnya, telah terdapat sebanyak 72 shelter Trans Jogja yang tersebar di berbagai wilayah Yogyakarta. Namun dalam perkembangannya, Pemprov DIY akhirnya memutuskan untuk melakukan penambahan sebanyak 36 shelter di sejumlah titik di Provinsi DIY. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepentingan dan kepuasan pelanggan Trans Jogja di salah satu shelter baru Trans Jogja, yaitu shelter RSUP dr. Sardjito. Dengan menggunakan metode Importance-Performance Analysis dapat memberikan suatu pengukuran tingkat kepentingan dan kepuasan pelanggan mengenai atribut-atribut apa saja di shelter RSUP dr. Sardjito yang menjadi prioritas demi memuaskan pelanggan. Dari sembilan atribut/faktor yang diajukan kepada responden, hasilnya menunjukkan empat faktor di antaranya merupakan prioritas utama yang harus diperhatikan untuk kepuasan pelanggan di shelter RSUP dr. Sardjito, yaitu petugas shelter menginformasikan setiap kedatangan bus kepada pelanggan, pengaturan sistem antrean (mencegah saling menyerobot antar penumpang), ketersediaan fasilitas di dalam shelter (kursi, kipas angin, informasi, dsb.), dan desain dan ukuran shelter cukup untuk menampung penumpang. Kata Kunci: Kepuasan Pelanggan, Importance-Performance Analysis, Trans Jogja

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 10 Jan 2017 07:21
Last Modified: 10 Jan 2017 07:21
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10750

Actions (login required)

View Item View Item