ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN AHP (Studi Kasus di PT. MONDRIAN, Klaten)

Dwi Prasetyo, Danang (2011) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN AHP (Studi Kasus di PT. MONDRIAN, Klaten). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (39kB) | Preview

Abstract

PT. Mondrian merupakan salah satu industri konveksi garmen yang ada di Indonesia. Produk unggulan PT. Mondrian yaitu produk dengan merk Dadung. Produk Dadung pernah booming di pasaran pada tahun 1990-an akhir sampai tahun 2000-an awal. Namun saat ini produk Dadung tidak lagi booming seperti dulu. Oleh karena itu perlu dilakukan cara untuk meningkatkan kembali image produk Dadung di pasaran. Hal ini dilakukan supaya produk Dadung dapat bersaing dengan produk sejenis lainnya yang sedang populer. Cara yang akan dilakukan adalah terlebih dahulu melihat posisi produk Dadung di pasaran dan setelah itu menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk produk Dadung. Posisi produk Dadung dapat dilihat menggunakan metode SWOT. Kemudian setelah mendapatkan posisi produk, akan terlihat strategi yang cocok bagi produk Dadung. Strategi ini memiliki beberapa alternatif yang nantinya akan dipilih salah satu dari alternatif strategi itu dengan metode AHP. Alternatif strategi yang dipilih dijadikan sebagai strategi pemasaran yang tepat bagi produk Dadung. Hasil perhitungan metode SWOT menunjukkan bahwa produk Dadung berada pada posisi Kuadran IV. Berdasarkan posisi produk, strategi yang cocok untuk produk Dadung adalah Strategi Diversifikasi. Hasil perhitungan metode AHP menunjukkan bahwa kriteria Biaya Counter/Outlet merupakan kriteria yang sangat berpengaruh pada strategi pemasaran dengan nilai bobot sebesar 0.157. Alternatif dari strategi diversifikasi adalah Strategi Diversifikasi Konsentris, Strategi Diversifikasi Horizontal, dan Strategi Diversifikasi Konglomerat. Hasil pemilihan alternatif menunjukkan bahwa strategi yang tepat bagi produk Dadung adalah Strategi Diversifikasi Konsentris dengan nilai bobot sebesar 0.394. Strategi Diversifikasi Konsentris adalah strategi menambah produk baru yang berhubungan dengan produk yang telah ada dalam hal teknologi maupun distribusinya dan ditujukan kepada konsumen saat ini atau yang telah ada. Kata kunci: Posisi produk, strategi pemasaran, SWOT, Strategi Diversifikasi, AHP

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 10 Jan 2017 06:36
Last Modified: 10 Jan 2017 06:36
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10740

Actions (login required)

View Item View Item