ANALISIS PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE JOB CHARACTERISTIC MODEL (Studi Kasus Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Dan Ukm Provinsi DIY)

TARIHORAN, OLINHART (2012) ANALISIS PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE JOB CHARACTERISTIC MODEL (Studi Kasus Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Dan Ukm Provinsi DIY). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
4. Abstrak.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Motivasi sangat erat kaitannya dengan kinerja karyawan. Motivasi yang tepat dan baik dapat meningkatkan dan menumbuhkan semangat kerja karyawan dalam bekerja. Dengan adanya pemberian motivasi akan tercapai kinerja karyawan yang tinggi sehingga tujuan organisasi dapat tercapai. Penelitian ini dilakukan pada Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan dengan menggunakan metode job Characteristic Model. Dimana metode ini coba untuk mengidentifikasi dan mendesain karakteristik kerja karyawan. Jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 73 responden dengan menggunakan metode stratified sampling. Sebagai variabel independen, yaitu variasi keterampilan identitas tugas, tugas yang penting, otonomi dan umpan balik, sedangkan variabel dependennya adalah kinerja karyawan. Analisis yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis korelasi, analisis regresi dan pengujian hipotesis. Dari hasil analisis ini dapat diketahui bahwa motivasi kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan, dimana variabel tugas yang penting dan umpan balik yang mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja karyawan. Hasil analisis menggunakan koefisien determinasi diketahui bahwa 55,6 persen variasi dari kinerja karyawan dapat dijelaskan oleh variabel bebas dan 44,4 persen dijelaskan oleh faktorfaktor lain di luar penelitian ini. Kata kunci: Job Characteristic Model, Variasi Keterampilan, Identitas Tugas, Tugas yang Penting, Otonomi, Umpan Balik, Motivasi Kerja dan Kinerja Karyawan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 10 Jan 2017 01:46
Last Modified: 10 Jan 2017 01:54
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10690

Actions (login required)

View Item View Item