Donarika, Donarika (2012) ANALISA FINANSIAL PADA LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR (Studi Kasus: Lembaga Rumah Pintar Brainy - Balikpapan). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
Preview |
Text
Abstraksi DONARIKA.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
Lembaga bimbingan belajar merupakan salah satu usaha unggulan di Balikpapan
karena mempunyai peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kesejahteraan
masyarakat khususnya anak usia belajar. Selain itu Lembaga bimbingan belajar
mempunyai nilai positif bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia Sekarang ini
Lembaga bimbingan belajar ada yang dikelola secara sederhana namun juga ada yang
dikelola mengikuti manajemen semi modern, tetapi belum mampu memenuhi
permintaan yang terus meningkat. Meningkatnya permintaan akan mutu dari
Lembaga bimbingan belajar disebabkan karena Balikpapan merupakan daerah
industri yang memerlukan SDM dalam jumlah yang besar. Dengan meningkatnya
kebutuhan akan SDM, membuka peluang pasar yang luas untuk pengembangannya.
Dalam kaitanya ini, lembaga bimbingan belajar perlu mengetahui analisa teknis
dan analisa finansial. Analisa finansial, rencana ditinjau dari segi cash flow, yakni
perbandingan antara hasil penjualan kotor (gross sales) dan jumlah biaya (total cost).
Apabila menunjukan adanya keuntungan (net benefit positif), maka rencana investasi
tersebut dapat dilanjutkan, dan sebalikanya apabila net benefit negative atau terjadi
kerugian, maka rencana investasi tersebut tidak dapat dilanjutkan.
Berdasarkan hal ini pengusaha lembaga bimbingan belajar memerlukan analisis
finansial agar bisa memaksimalkan kemampuan untuk mencapai tujuan dengan
mengetahui tingkat keuntungan usaha ini dalam kaitanya terhadap pembayaran yang
tepat untuk mengetahui tingkat kelayakan usaha ini, untuk mengetahui dan
menghindarkan keterlanjutan investasi pada usaha yang tidak menguntungkan.
Berdasarkan pada pembahasan yang telah dilakukan sebelumnya dapat
disimpulkan bahwa Penilaian Investasi Metode Net Present Value lembaga
pendidikan ini ternyata memiliki nilai yang positif yaitu sebesar Rp 1,301,201,754
(NPV>0). Dengan demikian maka lembaga pendidikan ini dapat disimpulkan layak
dipertimbangkan. Berdasarkan perhitungan di atas. IRR lebih besar dari tingkat bunga
yang disyaratkan, yakni 19% > 16,48 %, maka lembaga pendidikan ini dinyatakan
layak. Penilaian investasi dalam hal ini dapat di lihat pada nilai NPV sebesar Rp
1,301,201,754 (NPV>0), IRR sebesar 19%, dan PP selama 3 tahun (lebih kecil dari
umur proyek yang ditetapkan 10 tahun), dikatakan proyek layak dipertimbangkan
untuk dilaksanakan.
Kata kunci: Net Present Value, Iinternal Rate of Return, Payback Period
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Muji Isambina |
Date Deposited: | 09 Jan 2017 04:34 |
Last Modified: | 09 Jan 2017 04:34 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10651 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |