ANALISIS PEMASARAN BERAS MENTIK UD. NGUDI REJEKI DI DESA SAMBI KECAMATAN SAMBIREJO KABUPATEN SRAGEN

PURWANTO, PURWANTO (2017) ANALISIS PEMASARAN BERAS MENTIK UD. NGUDI REJEKI DI DESA SAMBI KECAMATAN SAMBIREJO KABUPATEN SRAGEN. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstract.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1). menganalisis marjin pemasaran pada saluran pemasaran I dan saluran pemasaran II (2). menganalisis efisiensi pemasaran pada saluran pemasaran I dan saluran pemasaran II (3). mengetahui kendala yang dihadapi dalam pemasaran beras mentik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Metode pelaksanaan penelitian dengan metode studi kasus. Penentuan sampel pedagang perantara menggunakan teknik snowball sampling. Macam data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis dilakukan dengan analisis marjin pemasaran, efisiensi pemasaran. Pengujian hipotesis pertama dan kedua dilakukan dengan Independent Sample T test. Terdapat dua saluran pemasaran beras mentik pada UD. Ngudi Rejeki. Saluran pemasaran pertama diperoleh marjin pemasaran sebesar Rp 1.250,00 dengan tingkat efisiensi sebesar 9,14%. Saluran pemasaran kedua diperoleh marjin pemasaran sebesar Rp 2.337,50 dengan tingkat efisiensi sebesar 15,12%. Hasil penelitian ini adalah (1). Marjin pemasaran yang diperoleh saluran pemasaran beras mentik I lebih kecil sebesar (Rp 1.250,00/kg) dari saluran pemasaran beras mentik II (Rp 2.337,50/kg). (2). Efisiensi pemasaran beras mentik pada saluran pemasaran I lebih tinggi (9,14%) dari efisiensi pemasaran pada saluran pemasaran beras mentik saluran pemasaran II (15,12%). (3). Kendala pemasaran yang dihadapi adalah fluktuasi harga yang sering terjadi. Sistem pembayaran yang masih bermasalah antara UD. Ngudi Rejeki dan pedagang pengumpul. Kata kunci: Marjin pemasaran, Efisiensi pemasaran, Saluran pemasaran. iii

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 06 Jan 2017 06:54
Last Modified: 06 Jan 2017 06:54
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10595

Actions (login required)

View Item View Item