ANALISIS SIKAP NASABAH TERHADAP LAYANAN SMS BANKING (Studi pada Nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia di Kota Madiun)

AYYOBBIE, MUHAMMAD SALLAHUDDIN AL (2017) ANALISIS SIKAP NASABAH TERHADAP LAYANAN SMS BANKING (Studi pada Nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia di Kota Madiun). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[thumbnail of COVER SKRIPSI .pdf]
Preview
Text
COVER SKRIPSI .pdf

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of halaman pengesahan.pdf]
Preview
Text
halaman pengesahan.pdf

Download (506kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

ABSTRAKSI
Muhammad Sallahuddin Al Ayyobbie, nomor mahasiswa 152120011,
Program Studi Adminitrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul penelitian “Analisis Sikap
Nasabah terhadap Layanan SMS Banking (Studi pada Nasabah PT. Bank Rakyat
Indonesia di Kota Madiun)”, 2016. Dosen Pembimbing Dr. Sigit Haryono S.Sos.
M.Si dan Dr. Meilan Sugiarto S.Sos. M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut – atribut yang digunakan
untuk mengukur sikap nasabah terhadap layanan SMS Banking dan untuk mengetahui
sikap yang ditunjukkan nasabah terhadap layanan SMS Banking yang ditawarkan
BRI.
Tipe penelitian ini adalah deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah
nasabah pengguna SMS Banking BRI yang ada di Kota Madiun dengan ukuran
sampel sebanyak 50 orang responden. Teknik analisis data menggunakan Model
Multiatribut Fishbein melalui tiga tahapan yaitu uji cochran, statistik deskriptif dan
rumus fishbein untuk perhitungan sikap.
Berdasarkan hasil uji cochran diperoleh tujuh atribut yang dapat digunakan
pada penelitian yaitu jenis-jenis layanan yang disediakan, biaya saat transaksi,
keamanan, kecepatan tanggapan operator, koneksi, kemudahan penggunaan, dan
fleksibilitas waktu pelayanan.
Berdasarkan hasil uji model fishbein untuk atribut jenis-jenis layanan yang
disediakan diperoleh nilai Ao sebesar 41,81 menunjukkan pada kategori interval kelas
sikap yang netral, kemudian biaya saat transaksi diperoleh nilai Ao sebesar 54,74,
atribut keamanan diperoleh nilai sebesar 36,18 menunjukkan pada kategori interval
kelas sikap yang netral, menunjukkan pada kategori interval kelas sikap yang netral,
atribut kecepatan tanggapan operator diperoleh nilai Ao 42,57 yang menunjukkan
nilai interval kelas sikap pada kategori netral, atribut koneksi diperoleh nilai Ao 46,15
yang menunjukkan nilai interval kelas sikap pada kategori netral, atribut kemudahan
penggunaan diperoleh nilai Ao 26,11 dan atriut fleksibilitas waktu pelayanan
diperoleh nilai Ao sebesar 22,55 yang menunjukkan nilai interval kelas sikap pada
kategori netral.
Kategori sikap untuk semua atribut dengan menjumlahkan semua nilai Ao
dari masing-masing atribut diperoleh nilai rata-rata sikap sebesar 270,10. Nilai
tersebut menunjukkan nilai interval kelas sikap yang netral
Kata Kunci : Sikap, Atribut, Fishbein

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 05 Jan 2017 04:00
Last Modified: 05 Jan 2017 04:00
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10489

Actions (login required)

View Item View Item