ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA FURNITURE KAYU DI PT VISI FURNITURE YOGYAKARTA

DEWANDANI, INDAH (2016) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA FURNITURE KAYU DI PT VISI FURNITURE YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (47kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Industri furniture kayu Indonesia terbukti menjadi salah satu industri ekspor yang padat
karya dan telah menyerap ribuan tenaga kerja. Konsekuensi dari banyaknya industri
furniture adalah adanya persaingan sengit antar perusahaan furniture. Untuk itu
diperlukan pendekatan manajemen strategik agar perusahaan mampu bertahan dan
berkembang. Tujuan dari penelitian tersebut adalah menganalisis strategi
pengembangan usaha industri pengolahan kayu menjadi furniture di PT Visi
Furniture serta menganalisis strategi yang tepat diterapkan di PT Visi Furniture.
Metode dasar penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan
metode pelaksanaan penelitian menggunakan studi kasus. Metode pengambilan
responden menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data berdasarkan data
primer yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi dan data sekunder. Teknik
analisis yang digunakan yaitu dengan matriks Evaluasi Faktor Eksternal (EFE),
matriks Evaluasi Faktor Internal (EFI), matriks SWOT, matriks SPACE, matriks
Grand Strategy, dan pengambilan keputusan dengan matriks QSPM. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan usaha industri
pengolahan kayu menjadi furniture di PT Visi Furniture Yogyakarta adalah aktif
mengikuti pameran-pameran furniture di dalam dan luar negeri, memberikan
potongan harga pada konsumen tetap setiap pembelian produk furniture, dan
memperluas daerah pemasaran dengan membuka showroom di daerah lain.
Keputusan strategi yang tepat diterapkan di PT Visi Furniture Yogyakarta adalah
strategi penetrasi pasar.
Kata kunci :Strategi, Pengembangan Usaha, Furniture Kayu

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 03 Jan 2017 01:58
Last Modified: 03 Jan 2017 01:58
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10343

Actions (login required)

View Item View Item