GASSANI, ROES KAIRANA REMI (2016) KAMPANYE DIPLOMASI PUBLIK THAILAND STUDI KASUS: GASTRODIPLOMACY “KITCHEN OF THE WORLD”. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (129kB) | Preview |
Preview |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
Abstrak.pdf Download (20kB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar Isi.pdf Download (40kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Makanan telah berperan sebagai salah satu instrumen diplomasi sejak jaman
dahulu karena dapat mewakilkan dan mengkomunikasikan ide-ide dan nilai suatu
Negara kepada publik asing. Kehebohan gastrodiplomacy, dewasa ini dipelopori oleh
Thailand yang menggunakan keunggulan produk kuliner dan makanannya untuk
dikomunikasikan pada masayarakat di Negara lain. Kampanye bertajuk “Kitchen of
the World” ini bertujuan sebagai nation branding untuk menyampaikan nilai-nilai dan
budaya Thailand pada dunia agar mendapat persepsi yang positif serta menaikan nilai
jual Thailand. Namun, di sisi lain Thailand juga menmiliki citra yang buruk akibat
maraknya industri seks yang terjadi di Thailand. Maka dari itu, kampanye ini
digunakan salah satunya untuk mengubah persepsi negatif terkait sex tourism yang
didapat oleh Thailand, selain itu kampanye “Kitchen of the World” juga bertujuan
untuk menarik wisawatan dan investor asing ke Thailand.
Keywords : Gastrodiplomacy, Thailand, Nation Branding, Sex Tourism, “Kitchen of
the World”
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | J Political Science > JQ Political institutions Asia |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Basir Umaryadi |
Date Deposited: | 23 Dec 2016 03:03 |
Last Modified: | 23 Dec 2016 03:03 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10200 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |