PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP LUAS PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Darmawan, Awang (2012) PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP LUAS PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (213kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Good Corporate Governance (GCG) terhadap luas pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada laporan tahunan perusahaan. Karakteristik Good Corporate Governace yang digunakan adalah Ukuran Dewan Komisaris, Independensi Dewan Komisaris, Rapat Dewan Komisaris, Ukuran Komite Audit, Independensi Komite Audit, Rapat Komite Audit dan menggunakan Variabel Kontrol Ukuran Perusahaan, Rasio Profitabilitas (ROE) dan Rasio Leverage (DER). Luas pengungkapan CSR diukur dengan 79 item pengungkapan berdasarkan GRI. Popolasi dari penelitian ini adalah semua perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010 berdasarkan Fact Book. Jumlah perusahaan yang tercatat sebanyak 29 perusahaan tetapi satu perusahaan tidak mengungkapkan laporan tahunan sehingga sampel penelitian menjadi 28 perusahaan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, uji normalitas, uji asumsi klasik dan analisis regresi berganda. Dari analisis regresi yang dilakukan menujukan bahwa Ukuran Dewan Komisaris, Rapat Komite Audit dan Ukuran Perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap luas pengungkapan CSR pada perusahaan pertambangan. Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Good Corporate Governance, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 16 Dec 2016 04:22
Last Modified: 16 Dec 2016 04:22
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10078

Actions (login required)

View Item View Item