PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, BRAND ASSOCIATION, BRAND PERSONALITY, DAN PRODUCT CHARACTERISTICS TERHADAP NIAT PEMBELIAN (Studi Pada Iklan Sepeda Motor Honda Di Yogyakarta)

SUPRIYANTO, ER (2012) PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, BRAND ASSOCIATION, BRAND PERSONALITY, DAN PRODUCT CHARACTERISTICS TERHADAP NIAT PEMBELIAN (Studi Pada Iklan Sepeda Motor Honda Di Yogyakarta). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Penggunaan celebrity endorser dalam iklan untuk produk-produk yang mahal seperti sepeda motor dirasa kurang cocok karena selebriti tersebut tidak memiliki keahlian (expertise) dan kepercayaan (trustworthiness), serta dalam intensi membeli atau niat pembelian, konsumen tidak hanya melihat dari segi endorser-nya tetapi konsumen juga melihat dari segi kemanfaatan produk itu sendiri. Dengan adanya masalah tersebut, maka perlu dirumuskan strategi yang tepat dalam penggunaan endorser sebagai bintang iklan sepeda motor Honda. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Menganalisis pengaruh celebrity endorser, brand association, brand personality, dan product characteristics secara bersama-sama terhadap niat pembelian konsumen; (2) Menganalisis pengaruh celebrity endorser, brand association, brand personality, dan product characteristics secara parsial terhadap niat pembelian konsumen. Penelitian dilakukan pada pemirsa yang pernah melihat iklan sepeda motor Honda di televisi dan ada niat untuk membeli yang tinggal di Yogyakarta. Pengambilan data dilakukan mulai bulan Desember 2011 hingga bulan Januari 2012. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Metode pengolahan dan analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Hasil analisis regresi linier berganda diketahui bahwa pengaruh celebrity endorser, brand association, brand personality, dan product characteristics secara bersama-sama terhadap niat pembelian konsumen diperoleh hitung F sebesar 21,582 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari  (0,000 < 0,05) yang berarti signifikan. Secara parsial, variabel celebrity endorser mempunyai hitung t sebesar -0,870 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,386 yang lebih besar dari  (0,386 > 0,05) yang berarti tidak signifikan. Variabel brand association mempunyai hitung t sebesar 1,575 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,119 yang lebih besar dari  (0,119 > 0,05) yang berarti tidak signifikan. Variabel brand personality mempunyai hitung t sebesar 3,726 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari  (0,000 < 0,05) yang berarti signifikan. Variabel product characteristics mempunyai thitung sebesar 3,785 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari  (0,000 < 0,05) yang berarti signifikan. Kata kunci: celebrity endorser, brand association, brand personality, product characteristics, niat pembelian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 16 Dec 2016 03:06
Last Modified: 16 Dec 2016 03:06
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10065

Actions (login required)

View Item View Item