ANALISIS PERAWATAN MESIN BUBUT DENGAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) (Studi Kasus di CV. General PLC, Yogyakarta)

Hidayatullah, Muhammad Rifki (2016) ANALISIS PERAWATAN MESIN BUBUT DENGAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) (Studi Kasus di CV. General PLC, Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Image
IMG edit.jpg

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK CV. General PLC adalah perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang perakitan alat timbangan gantung digital. Bahan baku utama yang digunakan adalah ingot (alumunium batangan). CV. General PLC dalam aktivitasnya dibidang perakitan menggunakan beberapa mesin, salah satunya adalah mesin bubut. Permasalahan yang terjadi pada mesin bubut adalah kurangnya perawatan sehingga kerusakan yang terjadi sewaktu-waktu dapat menimbulkan replacement dan overhaul yang dapat mengakibatkan downtime sehingga kinerja mesin menjadi terganggu. Dalam perawatan mesin bubut di perusahaan ini masih menggunakan corrective maintenance dimana perbaikan dilakukan setelah terjadi kerusakan, hal tersebut terjadi karena pemeliharaan tidak secara rutin dilakukan, sehingga dapat terjadi kerusakan komponen pada mesin bubut. Maka dari itu dibutuhkan penelitian guna mengatasi permasalahan interval waktu perawatan mesin bubut tersebut maka digunakan suatu metode yaitu Metode Reliabinlity Centered Maintenance (RCM). Metode RCM merupakan suatu metode untuk mengembangkan kegiatan preventive maintenance yang terjadwal, dan memanfaatkan informasi yang berkenaan dengan keandalan suatu fasilitas, untuk memperoleh strategi perawatan yang efektif, efisien, dan mudah dilaksanakan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa komponen yang kritis yaitu pada motor listrik, dengan interval waktu penggantian 1248 jam tingkat keandalan komponen dengan nilai terkecil 0,6807 atau 68,07%, dan interval waktu penggantian 576 jam tingkat keandalan komponen dengan nilai terbesar 0,7033 atau 70,33%, dengan biaya Biaya penggantian sub komponen motor listrik sebesar Rp.2.690.204/bulan. Kata Kunci : perawatan mesin bubut, RCM, biaya penggantian sub komponen motor listrik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 15 Dec 2016 06:22
Last Modified: 15 Dec 2016 06:22
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10029

Actions (login required)

View Item View Item