Harahap, Omaruddin (2016) ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN PT. PERKEBUNAN NUSANTARA VI JAMBI BERBASIS BALANCED SCORECARD. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (183kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Pengukuran seharusnya dapat melihat dari semua sisi bagian, baik segi pelanggan, segi keuangan, segi produksi maupun segi karyawan. Pengukuran kinerja melalui pendekatan manajemen strategis terangkum dalam suatu pengukuran strategis Balanced Scorecard. Balanced Scorecard mengukur kinerja melalui empat perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal maupun perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner, wawancara, dokumentasi dan kepustakaan. Hasil penelitian yang dapat disimpulkan adalah dari hasil analisis perspektif financial pada PT. Perkebunan Nusantara VI Jambi mengalami penurunan penjualan di tahun 2014 namun tidak pada ROI dan net profit margin, dimana mengalami penigkatan dari tahun sebelumnya. Berdasarkan hasil analisis perspektif customer menunjukkan terjadinya penurunan customer sebanyak 4 perusahaan/customer. Walaupun terjadi penurunan customer , namun rata-rata beban operasional mengalami peningkatan disertai dengan dapak poisitip terhadap rata-rata laba per customer. Hasil analisis perspektif bisnis internal menunjukkan inovasi perusahaan berdampak pada efisiensi dan efektifitas yang mempengaruhi rasio beban operasional terhadapa pendapatan mengecil , sehingga berpengaruh terhadap peningkatan margin laba operasional. Hasil analisis perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan hasil yang semakin baik, ditandai dengan peningkatan jumlah karyawan yang mengikuti pelatihan dan pengembangan, peningkatan rasio beban beban pelatihan serta kepuasan karyawan yang cukup puas. Kata Kunci: Kinerja Perusahaan, Balanced Scorecard
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Basir Umaryadi |
Date Deposited: | 14 Dec 2016 04:38 |
Last Modified: | 14 Dec 2016 04:38 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9975 |
Actions (login required)
View Item |