DAMPAK PROGRAM BANK INDONESIA SOCIAL RESPONSIBILITY (BSR) TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM DI DUSUN MANDING

Moga Wijaya, Kresna (2012) DAMPAK PROGRAM BANK INDONESIA SOCIAL RESPONSIBILITY (BSR) TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM DI DUSUN MANDING. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (59kB) | Preview

Abstract

Kontribusi dan harmonisasi antara perusahaan dan masyarakat akan menentukan keberhasilan pembangunan nasional. Komitmen perusahaan dalam kontribusi dalam pembangunan bangsa dengan memperhatikan aspek ekonomi, sosial dan lingkungan itulah yang menjadi isu utama dari konsep Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggungjawab sosial perusahaan. Tugas pokok Bank Indonesia yaitu menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, mengatur dan mengawasi bank. Disamping tugas-tugas pokok tersebut, BI tetap peduli pada lingkungan sekitar. Artinya, BI memiliki kepekaan terhadap apa yang sedang terjadi di sekitarnya. Kepedulian tersebut diwujudkan dengan kegiatan yang dinamai Bank Indonesia Social Responsibility (BSR). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dampak program Bank Indonesia Social Responsibility (BSR) terhadap perkembangan UMKM di dusun Manding dari aspek ekonomi dengan pendekatan pada pendapatan, jumlah tenaga kerja, produksi dan pemasaran. Penelitian ini menggunakan data cross section dan menggunakan metode purposive sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan kriteria yang diinginkan peneliti. Yang menjadi populasi adalah seluruh pengrajin dan toko di sentra industri kulit Manding yang berjumlah 37. Terdiri dari 14 pengrajin kulit manding dan 23 toko/showroom.Lokasi penelitian ini yaitu di Dusun Manding, Desa Sabdodadi, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Analisis dua sampel berpasangan menunjukkan ada perbedaan yang nyata pada pendapatan kotor, pendapatan bersih, biaya produksi dan biaya pemasaran pengrajin (p<0,1) dan pendapatan kotor, pendapatan bersih dan tenaga kerja toko kulit di Manding (p<0,1). Secara keseluruhan program Bank Indonesia Social Responsibility (BSR) meliputi 4 aspek berdampak positif terhadap UMKM. Pada aspek ekonomi yaitu pada pembuatan kios, pembuatan baliho, pembuatan papan penunjuk arah, pembuatan ATM, pembuatan lapangan parkir, pelatihan manajemen usaha dan pameran berdampak positif bagi peningkatan kinerja pelaku UMKM di dusun Manding yaitu pengrajin dan toko/showroom kulit. Kata kunci : BSR, pendapatan, produksi, tenaga kerja, pemasaran, pengrajin, toko Contributions and harmonization between the company and the community will determine the success of national development. The company's commitment in contributions in nation-building by taking into account the economic, social and environment that is the mainissue of the concept of Corporate Social Responsibility (CSR). The principal tasks of Bank Indonesia is to formulate and implement monetary policy, regulate and maintain the smooth payment system, regulate and supervise banks. Besides these basic tasks, BI remains concerned about the environment. That is, BI has asensitivity to what is going on around him. Concern was expressedby the activities of the named Bank Indonesia Social Responsibility (BSR). This study aims to measure the impact of Bank Indonesia Social Responsibility (BSR) programme on the development of SMEs in the village of Manding from economic aspects on the income approach, the amount of labor, production and marketing. This study uses a cross section and using the purposive sampling method, sampling is based on the desired criteria of researchers. The number population is 37 around craftsmen and shop in the center of the leather industry. Consisting of 14 and 23Manding leather shop / showroom. This study site in Manding, Sabdodadi Village, Bantul district,Yogyakarta Special Province. Analysis of two paired samples showed difference in gross revenue, net revenue, cost of production and marketing cost from craftmen (p<0.1) and gross revenues, net income and employment in the leather shop Manding (p<0.1). Bank Indonesia Social Responsibility (BSR) programme covers four aspects of a positive impact on SMEs. On the economic aspects of the manufacture of kiosks, making billboards, the boardmaking a direction, making an ATM, making the parking lot,business management training and exhibits a positive impact on improved performance of SMEs in craftsmen, and leather shop Manding. Key words : BSR, income, production, labor, marketing, craftsmen, shop

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 09 Dec 2016 07:28
Last Modified: 09 Dec 2016 07:28
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9952

Actions (login required)

View Item View Item