Strategi Marketing Public Relations Hotel Bumi Senyiur dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan

Wahyuni, Putri (2014) Strategi Marketing Public Relations Hotel Bumi Senyiur dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
a.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hotel Bumi Senyiur merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang hospitaly industry yang berada di Samarinda. Perusahaan jasa tidak hanya bersaing dalam jenis hotel, namun mereka juga bersaing dalam hal harga, pelayanan, produk yang dijual untuk menarik konsumen dan menjaga loyalitas konsumen. Untuk alasan inilah, Hotel Bumi Senyiur berusaha menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan, keinginan, dan minat konsumen, sehingga permasalahan yang muncul adalah bagaimana strategi marketing public relations untuk mempertahankan loyalitas pelanggan di tengah-tengah adanya persaingan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi strategi marketing public relations yang dilaksanakan oleh Sales & Marketing Department Hotel Bumi Senyiur dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dimana pengumpulan datanya menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Penelitian ini dilakukan di Hotel Bumi Senyiur yang berlokasi di jalan Diponegoro no. 17-19 Samarinda, Kalimantan Timur. Subjek penelitian ini adalah General Manager, Sales & Marketing, Human Resources Development dan beberapa pelanggan Hotel Bumi Senyiur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dari strategi Marketing Public Relations Hotel Bumi Senyiur dibagi menjadi dua,yaitu jangka pendek (briefing) dan jangka panjang (marketing plan). Pelaksanaan strategi Marketing Public Relations Hotel Bumi Senyiur dalam mempertahankan loyalitas pelanggan dilakukan dengan melaksanakan strategi public relations yaitu Customer Relations, Media Relations, Promotion Activity, HBS Commitment, dan Marketing Tools. Hotel Bumi Senyiur melakukan evaluasi strategi dengan briefing yang dilakukan oleh divisi Sales & Marketing. Implementasi dari pelaksanaan strategi marketing public relations yang dilaksanakan dan didukung oleh analisis yang dilakukan hotel serta program Senyiur Seven Basic yang diterapkan kepada seluruh karyawan cukup berhasil menanamkan kesan baik kepada pelanggan dan mempertahankan rasa loyal konsumen terhadap Hotel Bumi Senyiur Samarinda. Kata kunci : Strategi, Marketing Public Relations, Loyalitas. ABSTRACT Hotel Bumi Senyiur is one of the hospitaly industry companies in Samarinda. To get more customers and satisfy them, hotels are offering the best price, service, products. Here, Hotel Bumi Senyiur offers the best product for consumers needs and wants. The problem to solve is how the public relations in the marketing strategy to keep the customers loyalty. The main purpose of this research is to find out the planning, the implementation, and the evaluation of the public relations marketing strategy which in held by the marketing departement. The methodology of this research is quantitative descriptive, where data is obtained by interview, documentation, and observation. The observation took place in Hotel Bumi Senyiur located on street Diponegoro No. 17-19 Samarinda, East Kalimantan. The subjects of this research are the General Manager, Sales and Marketing, Human Resources Departement, and Customers. This research shows that planning of Public Relations Marketing Strategy held by Hotel BumiSenyiur can be devided into two groups, the briefing ang marketing plan. In order maintain the customer, the hotel has been doing the Public Relations Marketing Strategies are Customer Relations, Media Relations, Promotion Activity, HBS Commitment, and Marketing Tools. Hotel BumiSenyiur evaluates the Public Relations Marketing strategy by briefing, which is conducted by Sales & Marketing division.Those strategies are implemented in the Senyiur Seven Basic program which is applied to all employees. This program conducts good ef fect for the customers and it keeps customers loyalty to the Hotel Bumi Senyiur. Key word: strategy, Public Relations Marketing, Loyalty

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 08 Dec 2016 04:54
Last Modified: 08 Dec 2016 04:54
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9920

Actions (login required)

View Item View Item