ANALISIS PASAR PRODUK TELEPON SELULER SMARTPHONE DI KOTA SURAKARTA

CHRISTIAWAN, SABBATH (2013) ANALISIS PASAR PRODUK TELEPON SELULER SMARTPHONE DI KOTA SURAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Saat ini yang menjadi pilihan utama konsumen dalam membeli telepon seluler adalah smartphone dimana memiliki keunggulan yang tidak dimiliki telepon seluler standart. Oleh karena itu perlu dilakukan survei pasar untuk mengetahui perkembangan peta posisi produk telepon seluler smartphone dan perilaku konsumen dalam memilih produk telepon seluler smartphone. Memperhatikan hal tersebut, tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan peta posisi produk telepon seluler smartphone yang terdapat di Kota Surakarta dan atribut yang menjadi prioritas bagi konsumen di wilayah Kota Surakarta dalam memilih telepon seluler smartphone. Penelitian dilakukan di Kota Surakarta, dengan pengambilan data menggunakan kuesioner. Penelitian dilakukan pada delapan telepon seluler smartphone yang terlaris pada bulan April 2013 secara nasional, yaitu Samsung Galaxy S4, Iphone 5, Samsung Galaxy Note 2, HTC One, Sony Xperia Z, Google Nexus 4, LG Optimus G dan Nokia Lumia 920. Dan tribut yang dipertimbangkan konsumen dalam memilih telepon seluler smartphone adalah sistem operasi, desain produk, fitur/fungsi tambahan, sparepart, harga beli, dan harga jual. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian antara lain identifikasi segmen, penyusunan deskriptor tiap segmen, penentuan peta posisi produk telepon seluler smarphone, perhitungan arah vektor atribut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi masing-masing merek dan atribut keunggulan berdasarkan peta persepsi adalah Samsung Galaxy berada pada kuadran empat dimana unggul pada semua atribut. Samsung Galaxy Note 2 berada pada kuadran satu. Iphone 5, Sony Xperia Z, HTC One, Google Nexus 4, LG Optimus G, dan Nokia Lumia 920 berada pada kuadran dua, dimana menunjukkan tingkat kepuasan konsumen terhadap produk yang bersangkutan baik. Kata kunci : telepon selular smartphone, segmentasi, positioning

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eko Suprapti
Date Deposited: 06 Dec 2016 04:22
Last Modified: 06 Dec 2016 04:22
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9838

Actions (login required)

View Item View Item