CHRISTIAWAN, SABBATH (2013) ANALISIS PASAR PRODUK TELEPON SELULER SMARTPHONE DI KOTA SURAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (14kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Saat ini yang menjadi pilihan utama konsumen dalam membeli telepon seluler adalah
smartphone dimana memiliki keunggulan yang tidak dimiliki telepon seluler standart. Oleh
karena itu perlu dilakukan survei pasar untuk mengetahui perkembangan peta posisi produk
telepon seluler smartphone dan perilaku konsumen dalam memilih produk telepon seluler
smartphone. Memperhatikan hal tersebut, tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui
perkembangan peta posisi produk telepon seluler smartphone yang terdapat di Kota
Surakarta dan atribut yang menjadi prioritas bagi konsumen di wilayah Kota Surakarta
dalam memilih telepon seluler smartphone. Penelitian dilakukan di Kota Surakarta, dengan
pengambilan data menggunakan kuesioner.
Penelitian dilakukan pada delapan telepon seluler smartphone yang terlaris pada
bulan April 2013 secara nasional, yaitu Samsung Galaxy S4, Iphone 5, Samsung Galaxy Note
2, HTC One, Sony Xperia Z, Google Nexus 4, LG Optimus G dan Nokia Lumia 920. Dan
tribut yang dipertimbangkan konsumen dalam memilih telepon seluler smartphone adalah
sistem operasi, desain produk, fitur/fungsi tambahan, sparepart, harga beli, dan harga jual.
Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian antara lain identifikasi segmen,
penyusunan deskriptor tiap segmen, penentuan peta posisi produk telepon seluler smarphone,
perhitungan arah vektor atribut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi masing-masing merek dan atribut
keunggulan berdasarkan peta persepsi adalah Samsung Galaxy berada pada kuadran empat
dimana unggul pada semua atribut. Samsung Galaxy Note 2 berada pada kuadran satu.
Iphone 5, Sony Xperia Z, HTC One, Google Nexus 4, LG Optimus G, dan Nokia Lumia 920
berada pada kuadran dua, dimana menunjukkan tingkat kepuasan konsumen terhadap
produk yang bersangkutan baik.
Kata kunci : telepon selular smartphone, segmentasi, positioning
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Eko Suprapti |
Date Deposited: | 06 Dec 2016 04:22 |
Last Modified: | 06 Dec 2016 04:22 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9838 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |