Anggreni, Ariesandy (2013) PERAN PUBLIC RELATION DALAM PROGRAM CSR (Studi Deskriptif pada Program CSR “Ayo Melek Gizi” PT Sarihusada Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
|
Text
a.pdf Download (9kB) | Preview |
Abstract
Dalam menghadapi permasalahan sosial PT. Sarihusada telah menjalankan berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR). Program ‘Ayo Melek Gizi’ (AMG) merupakan kegiatan edukasi tentang gizi yang menjadi salah satu tema utama bergerak dalam pengetahuan kesadaran akan gizi terutama untuk ibu dan anak. Penelit ian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan strategi Public Relations serta tanggapan masyarakat dalam Program ‘Ayo Melek gizi’ di Yogyakarta. Penelit ian ini menggunakan metode deskriptif kualit atif. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelit ian ini teknik validitasi yang digunakan yaitu triangulasi data atau sumber. Triangulasi data atau sumber berarti membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi kualitatif. Hasil penelit ian menunjukkan bahwa peran Public Relations dalam program ‘Ayo Melek Gizi’ PT. Sarihusada di Yogyakarta meliputi: (1) Penasihat Ahli, (2) Fasilitator Komunikasi, dan (3) Teknisi Komunikasi. Fungsi Public Relations dalam hal ini adalah sebagai communicator, membina relationship dan membangun corporate image (citra). Dalam melakukan kegiatan corporate social responsibility Program ‘Ayo Melek Gizi’, PR PT. Sarihusada Yogyakarta melakukan beberapa aktivitas meliputi: (1)Problem Solving, (2)Public Interest, (3)Maintenance Good Communications, dan (4) Membina relationship. Dalam tahapan evaluasi Public Relations PT. Sarihusada melakukan analisis menganai situasi sekitar perusahaan menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Oportunity, Threat). Kesimpulan dalam penelit ian ini bahwa peran Public Relations PT. Sarihusada dalam melaksanakan program Corporate Social Responsibility ‘Ayo Melek Gizi’ di Yogyakarta adalah sebagai penasehat ahli, fasilitator komunikasi dan teknisi komunikasi. Adapun strategi yang digunakan meliputi Strategi Operasional, Pendekatan Persuasif dan Edukatif, Pendekatan Tanggung Jawab Sosial Public Relat ions, Pendekatan Kerjasama, dan Pendekatan Integratif dan Koordinatif. Respon ataupun tanggapan dari masyarakat sangat posit if dan berharap agar program tersebut dapat terus berkelanjutan dan dikembangkan karena program-program CSR seperti ini sangat membantu sekali bagi para orangtua dalam memberi pengetahuan kebutuhan gizi bagi anak-anaknya, sehingga terhindar dari permasalahan gizi buruk.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 05 Dec 2016 07:25 |
Last Modified: | 05 Dec 2016 07:25 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9781 |
Actions (login required)
View Item |