STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN “DJATIE SHOP” DALAM MEMBANGUN JARINGAN PEMASARAN DENGAN KOMUNITAS REGGAE

COSTA, JOSE DA (2013) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN “DJATIE SHOP” DALAM MEMBANGUN JARINGAN PEMASARAN DENGAN KOMUNITAS REGGAE. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
a.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Berkaitan dengan banyaknya bisnis pakaian di kalangan anak muda Yogyakarta, memaksa para pengusaha untuk mengembangkan ide kreatif. Berbagai ide muncul dengan sasaran pasar yang semakin beragam dan terspesifikasi. Tujuan dari spesifikasi pasar adalah untuk menciptakan suatu pasaran yang kondusif dengan sedikit pesaing. Salah satu bentuk badan usaha yang mengembangkan ide kreatif di bidang penjualan pakaian adalah “Djatie Shop”. “Djatie Shop” melihat adanya suatu peluang bisnis dengan menjadikan komunitas pecinta reggae sebagai sasaran pasar. Dipilihnya konsep reggae sebagai dasar penciptaan produk merupakan suatu bentuk kecintaan dari pendiri “Djatie Shop” dengan reggae. Disamping itu khusus di Yogyakarta toko pakaian distribusi dengan konsep reggae masih sangat sedikit digarap pengusaha lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran “Djatie Shop” dalam menarik minat masyarakat Yogyakarta terhadap reggae. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif dengan data kualitatif ini menggunakan dua sumber data, yaitu primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data utama diperoleh dari pemilik “Djatie Shop” dan beberapa pegawai aktif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah ditemukan, mendapatkan data bahwa strategi komunikasi pemasaran “Djatie Shop”dilakukan dengan cara pendekatan dengan konsumen secara personal baik langsung maupun menggunakan media, seperti pengadaan event, pemberian penawaran khusus dan pemanfaatan media online facebook. Pasar implementasi strategi komunikasi pemasaran tersebut “Djatie Shop” juga menghadapi beberapa hambatan terkait dengan trendpasar dan munculnya pesaing baru, seperti Jamaican Shop dan distro-distro reggae lainnya yang ada di Yogyakarta sehingga bisa diminimalisir dengan lebih gencar melakukan promosi dan lebih mendekatkan diri dengan konsumen agar tercipta loyalitas pembeli.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 05 Dec 2016 06:48
Last Modified: 05 Dec 2016 06:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9771

Actions (login required)

View Item View Item