STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN “DJATIE SHOP” DALAM MEMBANGUN JARINGAN PEMASARAN DENGAN KOMUNITAS REGGAE

COSTA, JOSE DA (2013) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN “DJATIE SHOP” DALAM MEMBANGUN JARINGAN PEMASARAN DENGAN KOMUNITAS REGGAE. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of a.pdf]
Preview
Text
a.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Berkaitan dengan banyaknya bisnis pakaian di kalangan anak muda Yogyakarta,
memaksa para pengusaha untuk mengembangkan ide kreatif. Berbagai ide muncul
dengan sasaran pasar yang semakin beragam dan terspesifikasi. Tujuan dari
spesifikasi pasar adalah untuk menciptakan suatu pasaran yang kondusif dengan
sedikit pesaing. Salah satu bentuk badan usaha yang mengembangkan ide kreatif di
bidang penjualan pakaian adalah “Djatie Shop”. “Djatie Shop” melihat adanya suatu
peluang bisnis dengan menjadikan komunitas pecinta reggae sebagai sasaran
pasar. Dipilihnya konsep reggae sebagai dasar penciptaan produk merupakan suatu
bentuk kecintaan dari pendiri “Djatie Shop” dengan reggae. Disamping itu khusus di
Yogyakarta toko pakaian distribusi dengan konsep reggae masih sangat sedikit
digarap pengusaha lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
strategi komunikasi pemasaran “Djatie Shop” dalam menarik minat masyarakat
Yogyakarta terhadap reggae. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif
dengan data kualitatif ini menggunakan dua sumber data, yaitu primer dan sekunder.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Sumber data utama diperoleh dari pemilik “Djatie Shop” dan beberapa pegawai aktif.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah ditemukan, mendapatkan data bahwa
strategi komunikasi pemasaran “Djatie Shop”dilakukan dengan cara pendekatan
dengan konsumen secara personal baik langsung maupun menggunakan media,
seperti pengadaan event, pemberian penawaran khusus dan pemanfaatan media
online facebook. Pasar implementasi strategi komunikasi pemasaran tersebut “Djatie
Shop” juga menghadapi beberapa hambatan terkait dengan trendpasar dan
munculnya pesaing baru, seperti Jamaican Shop dan distro-distro reggae lainnya
yang ada di Yogyakarta sehingga bisa diminimalisir dengan lebih gencar
melakukan promosi dan lebih mendekatkan diri dengan konsumen agar tercipta
loyalitas pembeli.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 05 Dec 2016 06:48
Last Modified: 05 Dec 2016 06:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9771

Actions (login required)

View Item View Item