Akbar Wicaksono, Taufik (2013) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PLANET FUTSAL DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS KONSUMEN MELALUI SPONSORSHIP MARKETING DI YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
a.pdf Download (22kB) | Preview |
Abstract
Futsal menjadi salah satu olahraga favorit bagi seluruh masyarakat, terlebih bagi masyarakat di kotakota
besar
di
Indonesia.
Olahraga
yang
dikonversi
dari
olahraga sepakbola ini telah menjadi aktivitas
rutin di sela-sela kesibukan masyarakat kita yang dinamis. Seiring dengan berkembangnya olahraga
futsal, sekarang dikotakota besar banyak bermunculan penyewaan lapangan futsal dengan berbagai
fasilitas pendukungnya, termasuk di Yogyakarta. Planet Futsal adalah salah satu tempat futsal yang
tergolong sudah lama berdiri di Kota Yogyakarta. Selama berdiri Planet Futsal sering mengadakan
beberapa event turnamen di tiap tahunnya, baik nasional maupun lokal, dari mahasiswa hingga
umum. Event turnamen yang diselenggarakan selama ini adalah bentuk dari strategi komunikasi
pemasaran melalui sponsorship marketing. Melalui kerjasama dengan sponsor dalam hal aktivitas
komunikasi pemasaran, Planet Futsal berharap bahwa lewat kegiatan tersebut tujuan komunikasi
pemasarannya tersebut dapat mempertahankan loyalitas para konsumen yaitu masyarakat luas di
Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari
hasil wawancara, observasi dan studi pustaka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Planet Futsal dalam
mempertahankan loyalitas konsumen. Hasil yang didapat selama penelitian menunjukan bahwa
Planet Futsal menggunakan strategi sponsorship marketing, di dalam sponsorship marketing sendiri
berkembang beberapa strategi lagi, diantara personal selling, periklanan, serta publisitas, event
turnamen juga termasuk dari strategi tersebut dan saling melengkapi. Dari sekian strategi tersebut,
personal selling merupakan strategi kunci dari berjalannya aktivitas sponsorship marketing sekaligus
untuk menjaga hubungan baik dengan seluruh pihak. Salah satunya, melalui proposal aktivitas
personal selling dapat berjalan untuk meraih sponsor. Strategi melalui sponsorship marketing
selama ini mampu menarik perhatian para konsumen secara massal, tujuan untuk lebih dikenal oleh
masyarakat luas dengan event turnamen yang diadakan juga dapat tercapai, dengan begitu image di
mata masyarakat terhadap Planet Futsal akan semakin positif dan para konsumen maupun pihak
yang terlibat akan selalu loyal dengan mereka.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 02 Dec 2016 04:12 |
Last Modified: | 02 Dec 2016 04:12 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9730 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |