IMPLEMENTASI BISNIS PLAN BUDI DAYA BUAH SALAK PONDOH ”ADRIWANDI’’

Wahyu Hutomo, Adi (2015) IMPLEMENTASI BISNIS PLAN BUDI DAYA BUAH SALAK PONDOH ”ADRIWANDI’’. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of a.pdf]
Preview
Text
a.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Pohon salak mulai berbuah pada usia 3 tahun, namun demikian selama menunggu
masa panen, masih dapat memperoleh penghasilan yaitu dari penjualan bibit salak
pondoh. BEP dari bisnis budidaya salak pondoh ini kurang lebih sekitar 8 tahun.
Pemahaman aspek pasar memegang peranan yang penting sebelum memulai
bisnis, karena sumber pendapatan utama perusahaan berasal dari penjualan produk
yang dihasilkan. Hal-hal yang perlu dianalisis dari aspek pasar diantaranya jenis
produk yang akan diproduksi, banyaknya produk yang diminta oleh konsumen,
serta menganalisis banyaknya produk yang ditawarkan oleh pesaing, sedangkan
analisis aspek pemasaran menganalisis cara atau strategi agar produk yang
dihasilkan dapat sampai ke konsumen dengan lebih efisien dibandingkan pesaing.
Strategi SWOT di dalam memecahkan persoalan sebagai berikut : 1) Stategi ST
meliputi
pemanfaatan pengetahuan tentang budidaya salak pondoh yang luas untuk untuk
mengatasi cuaca buruk (kemarau panjang), seperti dengan membuat sumur
buatan untuk pengairan; penggunaan tenaga yang terampil di bidang budidaya
salak pondoh dapat mengantisipasi dan mengatasi apabila terdapat hama dan
penyakit; membuat diversifikasi produk berupa produk olahan dari bahan salak
untuk menyiasati harga salak yang rendah saat panen raya. 2) Stategi WT
meliputi mengikuti seminar, lokakarya, diklat dan sejenisnya untuk meningkatkan
pengetahuan dan ketrampilan dalam budidaya; menjalin kerjasama dengan pihak
lembaga keuangan seperti Bank untuk mendapatkan kredit murah untuk lebih
dapat meningkatkan produk olahan salak pondoh agar baik dari segi kuantitas dan
kualitas sebagai antisipasi rendahnya harga saat panen raya. 3) Stategi SO
meliputi usaha menjalin komunikasi yang baik dengan para pedagang buah baru
untuk lebih meningkatkan lini penjualan salak pondoh, mempertahankan
hubungan komunikasi dengan pedagang lama untuk mempertahankan lini
penjualan yang telah berjalan, menggunakan kemampuan dalam menggunakan
teknologi informasi (internet) untuk memperluas jaringan pemasaran khususnya
promosi. 4) Stategi WO meliputi meningkatkan kemampuan SDM dalam bidang
iptek khususnya internet sehingga mampu membuat, mengoperasikan WEB
pemasaran mandiri secara online, menjalin kerjasama dengan profesional di
bidang Iptek khususnya internet untuk membuat web pemasaran sehingga
pemasaran yang luas lebih cepat terealisir.

Kata kunci : Budidaya, Salak Pondoh

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 02 Dec 2016 02:49
Last Modified: 02 Dec 2016 02:49
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9722

Actions (login required)

View Item View Item