ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP KONSEP DASAR AKUNTANSI ADOPSI IFRS (Studi Empiris Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta)

FEBRIYAN MAHARDIKA, LUCKY (2013) ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP KONSEP DASAR AKUNTANSI ADOPSI IFRS (Studi Empiris Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai tingkat pemahaman mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran Yogyakarta” terhadap konsep dasar akuntansi yang telah mengadopsi IFRS berdasar latar belakang pendidikan yang dimiliki mahasiswa. Yaitu mahasiswa dari latar belakang SMA jurusan IPA dan SMA Jurusan IPS. Konsep akuntansi dalam penelitian ini adalah: Aset, Liabilitas, dan Ekuitas. Data pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang diisi oleh mahasiswa. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran Yogyakarta” yang terdaftar pada semester tiga pada tahun akademik 2012/2013. Berdasarkan analisis yang dilakukan untuk mengukur perbedaan pemahaman tentang aset, liabilitas, dan ekuitas antar mahasiswa dengan perbedaan latar belakang yaitu: belakang SMA jurusan IPA dan SMA Jurusan IPS. Hasil menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan pemahaman konsep dasar akuntansi yaitu aset, liabilitas, dan ekuitas terhadap mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran Yogyakarta” dari latar belakang pengambilan jurusan yang berbeda di SMA. Keyword: aset, liabilitas, ekuitas, mahasiswa akuntansi, IFRS

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 30 Nov 2016 02:19
Last Modified: 30 Nov 2016 02:19
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9620

Actions (login required)

View Item View Item