“Kontribusi Pajak Hotel, Pajak Restoran, Dan Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Asli Daerah (Studi Pada Kota Yogyakarta)”

OKTAFIYANTI, FAJAR (2013) “Kontribusi Pajak Hotel, Pajak Restoran, Dan Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Asli Daerah (Studi Pada Kota Yogyakarta)”. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

PAD (Pendapatan Asli Daerah) merupakan Pendapatan Asli Daerah yang bersumber dari hasil pajak daerah, retribusi daerah, pengelolaan kekayaan daerah, dan lain-lain pendapatan daerah yang sah, yang bertujuan untuk memberikan keleluasaan kepada daerah untuk menggali pendanaan dalam pelaksanaan otonomi daerah sebagai perwujudan asas desentralisasi. Untuk meningkatkan PAD dan menunjang kegiatan pemerintahan serta pembangunan nasional diperlukan anggaran dari pemerintah daerah, salah satunya dari sekto pajak daerah. Pajak daerah yang digunakan dalam penelitian ini adalah pajak hotel, pajak restoran, dan dan pajak reklame dianalisis dengan menggunakan analisis kontribusi, efisiensi, dan efektivitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kontribusi pajak hotel, pajak restoran, dan pajak reklame terhadap PAD (Pendapatan Asli Daerah), seberapa besar tingkat efisiensi, dan efektivitas pajak hotel, pajak restoran, dan pajak reklame di Kota Yogyakarta. Data yang digunakan untuk penelitian ini adalah data APBD Kota Yogyakarta periode tahun 2007-2011. Adapun metode penelitian dengan menggunakan deskriptif kuantitatif dan teknik pengumpulan data adalah dengan dokumentasi di DPDPK (Dinas Pajak Daerah dan Pengelolaan Keuangan Daerah). Hasil analisis menunjukkan bahwa Kontribusi pajak hotel, pajak restoran, dan pajak reklame selama periode tahun 2007-2011 rata-ratanya <10%,sehingga dikategorikan “sangat kurang”. Efisiensi pajak hotel, pajak restoran, dan pajak reklame selama tahun 2007-2011 rata-ratanya <40%, sehingga dikategorikan “sangat efisien”. Sedangkan efektivitas pajak hotel, pajak restoran, dan pajak reklame selama periode tahun 2007-2011 >100%, sehingga dikategorikan “sangat efektif”. Jadi bisa dikatakan bahwa kontribusi pajak hotel, pajak restoran, dan pajak reklame periode tahun 2007-2011 walaupun dikatakan sangat kurang terhadap PAD tetapi pajak hotel, pajak restoran, dan pajak reklame cukup berarti dalam membantu pembiayaan pemerintah. Kata Kunci: Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak Reklame, dan PAD (Pendapatan Asli Daerah).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 29 Nov 2016 04:46
Last Modified: 29 Nov 2016 04:46
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9549

Actions (login required)

View Item View Item