OKTAFIYANTI, FAJAR (2013) “Kontribusi Pajak Hotel, Pajak Restoran, Dan Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Asli Daerah (Studi Pada Kota Yogyakarta)”. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (128kB) | Preview |
Abstract
PAD (Pendapatan Asli Daerah) merupakan Pendapatan Asli Daerah yang
bersumber dari hasil pajak daerah, retribusi daerah, pengelolaan kekayaan daerah, dan
lain-lain pendapatan daerah yang sah, yang bertujuan untuk memberikan keleluasaan
kepada daerah untuk menggali pendanaan dalam pelaksanaan otonomi daerah sebagai
perwujudan asas desentralisasi. Untuk meningkatkan PAD dan menunjang kegiatan
pemerintahan serta pembangunan nasional diperlukan anggaran dari pemerintah daerah,
salah satunya dari sekto pajak daerah. Pajak daerah yang digunakan dalam penelitian ini
adalah pajak hotel, pajak restoran, dan dan pajak reklame dianalisis dengan menggunakan
analisis kontribusi, efisiensi, dan efektivitas.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kontribusi pajak
hotel, pajak restoran, dan pajak reklame terhadap PAD (Pendapatan Asli Daerah),
seberapa besar tingkat efisiensi, dan efektivitas pajak hotel, pajak restoran, dan pajak
reklame di Kota Yogyakarta. Data yang digunakan untuk penelitian ini adalah data
APBD Kota Yogyakarta periode tahun 2007-2011. Adapun metode penelitian dengan
menggunakan deskriptif kuantitatif dan teknik pengumpulan data adalah dengan
dokumentasi di DPDPK (Dinas Pajak Daerah dan Pengelolaan Keuangan Daerah).
Hasil analisis menunjukkan bahwa Kontribusi pajak hotel, pajak restoran, dan
pajak reklame selama periode tahun 2007-2011 rata-ratanya <10%,sehingga
dikategorikan “sangat kurang”. Efisiensi pajak hotel, pajak restoran, dan pajak reklame
selama tahun 2007-2011 rata-ratanya <40%, sehingga dikategorikan “sangat efisien”.
Sedangkan efektivitas pajak hotel, pajak restoran, dan pajak reklame selama periode
tahun 2007-2011 >100%, sehingga dikategorikan “sangat efektif”. Jadi bisa dikatakan
bahwa kontribusi pajak hotel, pajak restoran, dan pajak reklame periode tahun 2007-2011
walaupun dikatakan sangat kurang terhadap PAD tetapi pajak hotel, pajak restoran, dan
pajak reklame cukup berarti dalam membantu pembiayaan pemerintah.
Kata Kunci: Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak Reklame, dan PAD (Pendapatan Asli
Daerah).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 29 Nov 2016 04:46 |
Last Modified: | 29 Nov 2016 04:46 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9549 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |