STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS DALAM UPAYA MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN ”COKLAT CAFESHOP“ YOGYAKARTA

PRASETYO, YUDHI (2013) STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS DALAM UPAYA MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN ”COKLAT CAFESHOP“ YOGYAKARTA. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[thumbnail of ABSTRAK YUDI PRASETYO.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK YUDI PRASETYO.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Pesaingan bisnis yang ketat dewasa ini, menimbulkan perubahan dari
pesaingan pasar menjadi persaingan generik yaitu sebuah persaingan yang
mengabaikan bentuk produk dan kualitas. Konsumen justru semakin perhatian
terhadap produk atau jasa yang mampu memberikan nilai lebih dari sekedar produk
itu sendiri. Sehingga peranan kinerja brand semakin diperhitungkan. Sejak awal
kemunculannya Coklat Cafeshop merupakan adalah perusahaan yang mengolah
coklat menjadi makanan dan minuman dengan citarasa yang khas dan dikemas dalam
tampilan yang mewah. Dibandingkan dengan Kompetitor-kompetitor yang lain
Coklat Cafeshop merupakan café yang mempunyai spesialisasi makanan dan
minuman berbahan dasar coklat dengan berbekal berbagai kelebihan.Untuk itulah
sebagai salah satu perusahaan yang produknya cukup terkenal Coklat Cafeshop
menyadari arti pentingnya suatu strategi komunikasi bisnis yang terintergrasi
(Interpersonal Communications Bisnis) agar dapat efektif mengkomunikasikan pesan
dan positioning strategis yang konsisten pada konsumen terutama dalam hal
meningkatkan omset penjualan.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran dan
pemahaman mengenai stratregi dan pelaksanaan strategi Komunikasi Bisnis yang
dilakukan Coklat Cafeshop dalam meningkatkan omset penjualan.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode
kualitatif, yaitu dengan menggambarkan, memaparkan, dan menganalisis, suatu
peristiwa tingkah laku, sikap, respon, dan pendapat yang berkaitan dengan strategi
komunikasi bisnis yang dilakukan Coklat Cafeshop dalam meningkatkan omset
penjualan. Dalam penelitian ini data diperoleh melalui observasi, wawancara dan
studi pustaka. Data diperoleh untuk dianalisa secara kualitatif, dan disajikan dalam
bentuk uraian dengan lengkap dan sistematis.
Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa dalam meningkatkan
omset penjualan, Coklat Cafeshop melakukan kegiatan strategi dan pelaksanaan ICB,
(komunikasi intern ektern) yang efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhannya.
Melalui strategi ICB yang dituangkan dalam program promosi seperti : Kegiatan
event, Bulettin intenal eksternal, Pemasaran langsung, Customer promotion, kegiatan
Humas dan publikasi media sosial serta website Coklat cafeshop dapat lebih
mendekatkan dengan customernya. Hal tersebut terlihat dari tingkat kesukaan,
kepuasaaan dan kepercayaan yang diberikan pelanggan terhadap produk Coklat
cafeshop sehingga berpengaruh pada peningkatan penjualan dan image yang positif.

The tightly business competition now arises alteration from marketplace
competition become general competition that is a competition which is disregard the
product form and quality. Exactly consumer gives more attention to product or
service that capable to give more value than the product itself. So the role of brand
performance becomes more computable. Since the initial emergence, Coklat
Cafeshop is the company that processed chocolate to be food and beverage with
special taste and exclusively packaged. Compare with other competitors, Coklat
Cafeshop is the café which is has specialization in food and beverage from chocolate
with many redundancies. Thus as one of the companies which is the product was
quite popular, Coklat Cafeshop realized the importance of integrated business
communication strategy (Interpersonal Communications Business) in order to
communicate message effectively and strategic positioned consistently to consumer
especially increasing turnover sales.
The aim of this research is to cognize description and understanding about
strategy and strategy implementation of Business Communication by Coklat
Cafeshop to increase the turnover sales.
The type of this research is descriptive research with qualitative method that is
by describing, explaining, and analyzing, an event of behavior, attitude, respond, and
opinion related to business communication strategy by Coklat Cafeshop to increase
the turnover sales. In this research, data was collected from observation, interview,
and literature studying. The data was analyzed qualitatively and presented in
complete and systematic details.
The result of the research is that in increasing the turnover sales, Coklat
Cafeshop did strategic action and ICB implementation (external internal
communication) effectively and efficiently in appropriate with their needs. From the
ICB strategy on promotion programs like: event, internal external bulletin, direct
marketing, customer promotion, public relation activity and social media publication,
and Coklat Cafeshop website could brought nearer with their customers. It has been
seen from the predilection, satisfaction, and trusty from customer toward Coklat
Cafeshop products till influenced on sales increasing and positively image.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 29 Nov 2016 00:55
Last Modified: 29 Nov 2016 00:55
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9486

Actions (login required)

View Item View Item