IKLAN TRANSIT SEBAGAI MEDIA KAMPANYE POLITIK (Studi Analisis Isi Iklan Media Transit Politisi dan Partai Politik di Daerah Istimewa Yogyakarta Periode Juni-Agustus 2012)

SARI, DIAN PRAPTIKA (2013) IKLAN TRANSIT SEBAGAI MEDIA KAMPANYE POLITIK (Studi Analisis Isi Iklan Media Transit Politisi dan Partai Politik di Daerah Istimewa Yogyakarta Periode Juni-Agustus 2012). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK1.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK1.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan dan menganalisis isi serta untuk
mengetahui pemanfaatan media transit sebagai media kampanye politik. Objek penelitian yang
diamati pada penelitian ini adalah iklan media transit yang digunakan oleh anggota legislative
dan partai politik di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian analisis isi kuantitatif.
Analisis isi merupakan salah satu metode utama dari ilmu komunikasi. Penelitian yang
mempelajari isi media. Lewat analisis isi, peneliti dapat mempelajari gambaran isi, karakteristik
pesan, dan perkembangan (tren) dari suatu isi. Populasi dalam penelitian ini adalah iklan transit
politik di Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 13 iklan
dan menggunakan seluruh populasi sebagai obyek penelitian dengan menggunakan metode
sensus, karena jumlah populasi yang relatif kecil.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa iklan transit mulai diminati di kalangan
politik. Iklan transit dapat digunakan sebagai media untuk mempromosikan diri agar dikenal oleh
masyarakat. Iklan transit yang terdapat pada kendaraan sangat efektif dan efisien, biaya yang
dikeluarkan oleh pengiklanpun relative murah dibandingkan dengan iklan outdoor lainnya.
Semakin padat mobilitas iklan transit, maka semakin banyak pula masyarakat (target audiens)
yang dapat melihat iklan tersebut. Dalam penelitian ini, selain terdapat banyak kelebihan dalam
iklan transit kampanye politik, namun perlu diperhatikan pula peraturan perundang-undangan
yang telah ditetapkan. Baik materi, metode, larangan, sanksi, bahkan ketentuan pidana dan hal
yang bersangkutan lainnya yang tidak lepas dari iklan khususnya mengenai kampanye politik.
Kata kunci: Media Iklan, Iklan Transit, Kampanye Politik

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 25 Nov 2016 02:51
Last Modified: 25 Nov 2016 02:51
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9401

Actions (login required)

View Item View Item