Adi Saputro, Joko (2013) PERBANDINGAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO LOKAL DI YOGYAKARTA DALAM MENJARING PENGIKLAN (Studi Deskriptif pada Radio Q FM dan Radio Swaragama FM). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (51kB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRACT.pdf Download (83kB) | Preview |
Abstract
Persaingan perusahaan radio dewasa ini semakin kompetitif untuk
mendapatkan konsumen. Latar belakang penelitian ini adalah semakin pesatnya
perkembangan media-media baru berdampak pada persaingan mendapatkan
pendengar sehingga membatasi eksistensi radio sebagai media periklanan di
Yogyakarta. Peneliti memilih dua radio yang berformat FM yaitu Radio
Swaragama dan Radio Q karena memiliki persamaan segmentasi pendengar.
Radio Swaragama dan Radio Q mempunyai strategi-strategi tertentu dalam
menghadapi ketatnya persaingan antar perusahaan. Persaingan yang terjadi dalam
hal apapun, baik program, promosi, dan iklan untuk menarik perhatian konsumen.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui berbagai strategi komunikasi
pemasaran Radio Swaragama dan Radio Q untuk menarik konsumen. Upayaupaya
yang dilakukan Radio Swaragama dan Radio Q dalam menghadapi
persaingan antar kompetitor, dan hambatan-hambatan yang dialami dalam
menerapkan strategi tersebut. Penelitian ini menggunakan teori penyampaian dan
produksi pesan untuk meneliti strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan
kedua radio tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah deskriptif kualitatif sehingga memperoleh hasil yang mendalam untuk
mengetahui secara sistematis gambaran dan proses yang diterapkan pada
pemasaran kedua radio. Adapun objek penelitian adalah divisi Marketing Radio
Swaragama dan Radio Q dalam merencanakan, menjalankan, dan mengevaluasi
strategi komunikasi pemasarannya. Teknik pengumpulan data melalui wawancara
dengan divisi pemasaran Radio Q dan Radio Swaragama, klien dan pendengar
kedua radio. Adapun untuk mendapatkan validitas dengan menggunakan metode
triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi
pemasaran antara Radio Q dan Radio Swaragama secara substansial tidak banyak
berbeda. Keduanya menggunakan kelima elemen komunikasi pemasaran yakni
periklanan, penjualan pribadi, penjualan sales, hubungan masyarakat, dan
pemasaran langsung. Namun perbedaannya terletak pada upaya menghadapi
persaingan, Radio Swaragama konsisten pada anak muda sedangkan Radio Q
telah melebar dari anak muda menjadi keluarga. Strategi komunikasi pemasaran
yang dilakukan Radio Swaragama dan Radio Q dapat dikatakan cukup efisien
ditunjukkan dengan jumlah perolehan iklan sebanyak 138 item untuk Radio Q dan
Radio Swaragama sebanyak 183 item.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 25 Nov 2016 02:26 |
Last Modified: | 25 Nov 2016 02:26 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9384 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |