Ayu Anggrahini, Diah (2013) PENGARUH DAYA TARIK IKLAN DAN KREDIBILITAS AGNES MONICA SEBAGAI CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT BELI FRESH CARE KALANGAN REMAJA DI DESA BANGUNTAPAN KECAMATAN BANGUNTAPAN, KABUPATEN BANTUL. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
|
Text
abstrak.pdf Download (14kB) | Preview |
Abstract
Persaingan produk minyak angin dengan aroma dan kehangatannya dipercaya dapat meredakan berbagai penyakit ringan, seperti flu, sakit kepala, mual, dan banyak lagi. Bau menyengat dan citra sebagai produk orang tua membuat kategori produk minyak angin tidak disukai remaja. Fresh Care hadir dengan kemasan botol kaca yang terlihat modern dengan aromaterapi menyegarkan dan sama sekali tidak menyengat. Strategi pemasaran yang digunakan oleh perusahaan melalui periklanan yaitu melalui celebrity endorser. Kehadiran Agnes Monica sebagai celebrity endorser diharapkan dapat membawa daya daya tarik pembeli termasuk para remaja. Sikap konsumen yang positif terhadap suatu produk diharapkan dapat menumbuhkan minat beli yang tinggi terhadap produk tersebut. Variabel dalam penelitian ini adalah daya tarik iklan, celebrity endorser dan minat beli. Daya tarik iklan adalah sejauh mana iklan yang ditawarkan menarik perhatian calon konsumen, perhatian ini akan menjadikan rangsangan untuk mengetahui lebih jauh mengenai produk yang diiklankan. Celebrity endorser adalah tokoh Agnes Monica yang dikenal masyarakat karena prestasinya di dalam bidang-bidang yang berbeda yang dijadikan bintang iklan. Minat beli adalah tahap dimana konsumen membentuk pilihan mereka diantara beberapa merek yang tergabung dalam perangkat pilihan. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja di Kelurahan Banguntapan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul yang berjumlah 670 orang. Sampel penelitian ini dilaksanakan dengan secara acak berjumlah 87 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis yang digunakan adalah korelasi dan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara daya tarik iklan dengan minat beli Fresh Care kalangan remaja di Kelurahan Banguntapan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul dengan r = 0,519, (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kredibilitas Agnes Monica sebagai celebrity endorser dengan minat beli Fresh Care kalangan remaja di Kelurahan Banguntapan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul dengan r = 0,497, (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara daya tarik iklan dan kredibilitas Agnes Monica sebagai celebrity endorser dengan minat beli Fresh Care kalangan remaja di Kelurahan Banguntapan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul dengan R = 0,600, (4). Apabila daya tarik iklan dan kredibilitas Agnes Monica sebagai celebrity endorser meningkat maka minat beli Fresh Care juga akan meningkat, tetapi apabila daya tarik iklan dan kredibilitas Agnes Monica sebagai celebrity endorser menurun maka minat beli Fresh Care juga akan menurun. xy Kata Kunci : daya tarik iklan, celebrity endorser, minat beli. xy xy
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 25 Nov 2016 02:23 |
Last Modified: | 25 Nov 2016 02:23 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9382 |
Actions (login required)
View Item |