Ayu Anggrahini, Diah (2013) PENGARUH DAYA TARIK IKLAN DAN KREDIBILITAS AGNES MONICA SEBAGAI CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT BELI FRESH CARE KALANGAN REMAJA DI DESA BANGUNTAPAN KECAMATAN BANGUNTAPAN, KABUPATEN BANTUL. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
abstrak.pdf Download (14kB) | Preview |
Abstract
Persaingan produk minyak angin dengan aroma dan kehangatannya dipercaya
dapat meredakan berbagai penyakit ringan, seperti flu, sakit kepala, mual, dan
banyak lagi. Bau menyengat dan citra sebagai produk orang tua membuat kategori
produk minyak angin tidak disukai remaja. Fresh Care hadir dengan kemasan
botol kaca yang terlihat modern dengan aromaterapi menyegarkan dan sama
sekali tidak menyengat. Strategi pemasaran yang digunakan oleh perusahaan
melalui periklanan yaitu melalui celebrity endorser. Kehadiran Agnes Monica
sebagai celebrity endorser diharapkan dapat membawa daya daya tarik pembeli
termasuk para remaja. Sikap konsumen yang positif terhadap suatu produk
diharapkan dapat menumbuhkan minat beli yang tinggi terhadap produk tersebut.
Variabel dalam penelitian ini adalah daya tarik iklan, celebrity endorser dan minat
beli. Daya tarik iklan adalah sejauh mana iklan yang ditawarkan menarik
perhatian calon konsumen, perhatian ini akan menjadikan rangsangan untuk
mengetahui lebih jauh mengenai produk yang diiklankan. Celebrity endorser
adalah tokoh Agnes Monica yang dikenal masyarakat karena prestasinya di dalam
bidang-bidang yang berbeda yang dijadikan bintang iklan. Minat beli adalah
tahap dimana konsumen membentuk pilihan mereka diantara beberapa merek
yang tergabung dalam perangkat pilihan. Populasi dalam penelitian ini adalah
remaja di Kelurahan Banguntapan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul
yang berjumlah 670 orang. Sampel penelitian ini dilaksanakan dengan secara acak
berjumlah 87 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis
yang digunakan adalah korelasi dan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara daya
tarik iklan dengan minat beli Fresh Care kalangan remaja di Kelurahan
Banguntapan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul dengan r
= 0,519, (2)
Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kredibilitas Agnes Monica
sebagai celebrity endorser dengan minat beli Fresh Care kalangan remaja di
Kelurahan Banguntapan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul dengan r
= 0,497, (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara daya tarik iklan dan
kredibilitas Agnes Monica sebagai celebrity endorser dengan minat beli Fresh
Care kalangan remaja di Kelurahan Banguntapan, Kecamatan Banguntapan,
Kabupaten Bantul dengan R
= 0,600, (4). Apabila daya tarik iklan dan
kredibilitas Agnes Monica sebagai celebrity endorser meningkat maka minat beli
Fresh Care juga akan meningkat, tetapi apabila daya tarik iklan dan kredibilitas
Agnes Monica sebagai celebrity endorser menurun maka minat beli Fresh Care
juga akan menurun.
xy
Kata Kunci : daya tarik iklan, celebrity endorser, minat beli.
xy
xy
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 25 Nov 2016 02:23 |
Last Modified: | 25 Nov 2016 02:23 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9382 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |