STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT. SKUTERINDO MANDIRI LESTARI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK PIAGGIO VESPA DI WILAYAH YOGYAKARTA

Alfath Anugrah, Ariska (2012) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT. SKUTERINDO MANDIRI LESTARI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK PIAGGIO VESPA DI WILAYAH YOGYAKARTA. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

PT. Skuterindo Mandiri Lestari merupakan Agen Tunggal Pemegang
Merek (ATPM) produk Piaggio Vespa untuk wilayah Sumatera, Jawa Tengah dan
Yogyakarta. Vespa merupakan produk legendaris dari Piaggio yang telah bertahan
selama lebih dari 6 dekade dalam persaingan otomotif dunia. Di Indonesia vespa
dulunya sangat digandrungi oleh masyarakat sampai pada akhirnya popularitas
menurun pada tahun 90an. Kini produk Piaggio Vespa kembali lagi di Indonesia
dengan tampilan dan teknologi terkini dan siap bersaing di tengah ketatnya
persaingan pasar otomotif di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Skuterindo Mandiri
Lestari dalam meningkatkan penjualan produk Piaggio Vespa khususnya di
wilayah Yogyakarta dan mengetahu kendala apa saja yang dihadapi oleh PT.
Skuterindo Mandiri Lestari wilayah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan dan
berfokus dengan teori yang berhubungan dengan komunikasi pemasaran dan
strategi komunikasi pemasaran. Data yang diperoleh dalam penelitian ini
merupakan hasil wawancara dengan pihak manajemen PT. Skuterindo Mandiri
Lestari dan konsumen pengguna produk Piaggio Vespa, melakukan observasi
serta melakukan dokumentasi dan data-data tersebut diolah secara deskriptif
kualitatif yaitu menuangkan apa yang terjadi di lapangan dengan melalui tulisantulisan.
Dari penelitian ini diperoleh hasil mengenai strategi komunikasi yang
dilakukan oleh PT. Skuterindo Mandiri Lestari. Strategi komunikasi ini
terangkum dalam kegiatan promotional mix yang meliputi kegiatan iklan di media
cetak dan online, promosi penjualan (sales promotion) dengan memberikan
potongan harga untuk tiap pembelian produk Piaggio Vespa dengan periode
tertentu, melakukan public relation melalui pemberitaan dan event-event atas
nama Vespa, personal selling di kantor PT. Skuterindo Mandiri Lestari
Yogyakarta yang beralamat di Jl.Laksda Adi Sucipto Km 8 no.19, Yogyakarta dan
pemasaran langsung melalui telemarketing dengan email, surat, dan fax dan
semua kegiatan diatas terangkum dalam sebuah proses perencanaan dan
implementasi serta menghasilkan sebuah temuan sebagai bahan evaluasi. Dari
hasil penelitian ini, diperoleh data adanya peningkatan penjualan sebesar 25%

Skuterindo Mandiri Lestari Corp. is an Agen Tunggal Pemegang Merek
(ATPM) Piaggio Vespa product’s for Sumatra, Central Java dan Yogyakarta.
Vespa is the legend product from Piaggio which hold out for more than 6 decades
in the world automotive rivalry. In Indonesia, formerly vespa was infatuated by
community till the popularity decreased at the 90’s. Now Piaggio Vespa comes
back in Indonesia with latest performance and technology and ready to compete in
the tighty rivalry of automotive market in Indonesia. This study intent on to
understand the communication strategy of marketing of Skuterindo Mandiri
Lestari Corp. to increase products selling Piaggio Vespa particullary in
Yogyakarta and to understand what the obstacle that was found by Skuterindo
Mandiri Lestari Corp. in Yogyakarta. This study uses theory relate to marketing
communication and communication strategy of marketing. The data in this study
is the result from interview with management of Skuterindo Mandiri Lestari Corp.
and Piaggio Vespa consumer, observed and documented , then these data was
processed in qualitative descriptively that casting what’s happened in field
through words. The result of this study is about communication strategy by
Skuterindo Mandiri Lestari Corp. This communication strategy was summarized
in promotional mix involves advert in press media and online, sales promotion
with discount for each purchasing Piaggio Vespa in certain period, carry out
public relation through press agent and events in the name of Vespa, personal
selling in Skuterindo Mandiri Lestari Corp. Yogyakarta office’s which placed at
Laksda Adi Sucipto Street Km 8 No. 19, Yogyakarta and direct marketing through
telemarketing by email, letter, fax and all the events above were summarized on
planning and implementation process and deliver innovation as evaluation
substance. From the result of this study, there’s increase of product selling as
25%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 24 Nov 2016 04:22
Last Modified: 24 Nov 2016 04:22
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9329

Actions (login required)

View Item View Item