STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KARYA MUSIK YANG DILAKUKAN KOMUNITAS PUNK DI KOTA YOGYAKARTA (STUDI DESKRIPTIF KOMUNITAS PUNK DI KOTA YOGYAKARTA PADA PERIODE TAHUN 2005-2011)

Sakti Setyawan, Kinanti (2012) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KARYA MUSIK YANG DILAKUKAN KOMUNITAS PUNK DI KOTA YOGYAKARTA (STUDI DESKRIPTIF KOMUNITAS PUNK DI KOTA YOGYAKARTA PADA PERIODE TAHUN 2005-2011). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Perkembangan dunia musik indie (independent) di Indonesia mengalami banyak peningkatan seiring semakin berkembangnya teknologi perekaman dan teknologi komunikasi. Di kota Yogyakarta terdapat berbagai macam band punk dan indie label punk yang memproduksi dan memasarkan album musik punk. Mereka melakukan semua kegiatan produksi dan pemasaran secara indie (independent) dengan dana yang dikelola sendiri. Di tengah ketatnya persaingan industri musik, karya musik punk tetap dapat diterima baik dalam lingkup komunitas maupun masyarakat luas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil dari strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh komunitas punk dalam memasarkan karya musik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan band punk dan indie label punk di kota Yogyakarta melaksanakan strategi komunikasi pemasaran dengan spontan dan insidentil sesuai dengan kebutuhan pemasaran mereka. Strategi yang digunakan band punk dan indie label punk dalam meraih konsumen adalah marketing mix dan promotions mix. Marketing mix terdiri dari product, pricing, promotion, dan place. Promotions mix terdiri dari periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, pemasaran langsung, dan hubungan masyarakat. Kesimpulan, strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan band punk dan indie label punk di kota Yogyakarta berhasil meningkatkan jumlah penjualan album musik punk walaupun terdapat hambatan berupa perencanaan strategi komunikasi pemasaran yang kurang matang dan minimnya dana produksi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 24 Nov 2016 04:12
Last Modified: 24 Nov 2016 04:12
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9327

Actions (login required)

View Item View Item