PENGARUH HARGA DAN KELOMPOK RUJUKAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA PENYEWAAN LAPANGAN FUTSAL(Studi pada konsumen Telaga Futsal Club I Yogyakarta)

Situmorang, Monang Enrico (2013) PENGARUH HARGA DAN KELOMPOK RUJUKAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA PENYEWAAN LAPANGAN FUTSAL(Studi pada konsumen Telaga Futsal Club I Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Perilaku konsumen merupakan hal yang harus dipelajari oleh pemasar perusahaan untuk dapat menetapkan strategi pemasaran yang efektif. Penetapan Harga yang tepat dan memperhatikan faktor sosial konsumen seperti kelompok rujukan dapat menjadi salah satu cara untuk merangkul segmen pasar yang diinginkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh yang signifikan antara harga dan kelompok rujukan terhadap keputusan pembelian jasa penyewaan lapangan futsal secara simultan maupun parsial. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Telaga Futsal Club I Yogyakarta, dengan ukuran sampel sebanyak 66 responden. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Alat analisis inferensial menggunakan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis data terdapat pengaruh dari harga dan kelompok rujukan terhadap keputusan pembelian. Dimana perhitungan regresi linear berganda diperoleh hasil Y=0,543 + 0,502X1 + 0,324X2, selain itu dengan uji F diperoleh Fhitung sebesar 25,287 dan Ftabel sebesar 3,142, karena Fhitung > Ftabel maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh secara simultan variabel harga dan kelompok rujukan terhadap keputusan pembelian dengan besarnya koefisien determinasi (R2square) = 0,445 yang menunjukkan variabel bebas secara bersama-sama mempengaruhi variabel tidak bebas sebesar 44,5% sisanya 55,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian. Sedangkan dangan uji T untuk variabel harga diperoleh thitung sebesar 4,707 dan ttabel sebesar 1,998 yang berarti 4,475>1,998, sedangkan untuk variabel kelompok rujukan diperoleh thitung sebesar 3,605 dan ttabel sebesar 1,998 yang berarti 3,605>1,998 nilai tersebut dapat membuktikan bahwa ada pengaruh signifikan antara variabel harga dan variabel kelompok rujukan secara parsial terhadap keputusan pembelian konsumen pada Telaga Futsal Club I Yogyakarta Saran dari penelitian ini adalah pihak Telaga Futsal Club I Yogyakarta hendaknya memperhatikan cara pembayaran yang akan dilakukan oleh konsumen. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan pilihan cara pembayaran dengan memberikan uang muka yang ringan dan memperhatikan keterjangkauan lokasi. Selain itu pihak Telaga Futsal Club I Yogyakarta tetap mempertahankan harga yang ditetapkan namun sebaiknya memperhatikan harga sewa lapangan yang sesuai dengan manfaat dan kualitas lapangan yang disewakan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 24 Nov 2016 02:40
Last Modified: 24 Nov 2016 02:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9308

Actions (login required)

View Item View Item