STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPERKENALKAN SENDRATARI KOLOSAL SUBALI-SUGRIWA DI GOA KISKENDO (Studi Dilakukan Pada Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo)

Nurdiyanto, Hana (2013) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPERKENALKAN SENDRATARI KOLOSAL SUBALI-SUGRIWA DI GOA KISKENDO (Studi Dilakukan Pada Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of a.pdf]
Preview
Text
a.pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Dalam rangka penguatan objek-objek wisata di Kabupaten Kulon Progo,
Dinas Budparpora membuatkan sebuah sendratari kolosal tentang cerita
Ramayana Subali Sugriwa yang bertempat di Pendopo Goa Kiskendo, yang
merupakan cerita asli dari Goa Kiskendo. Hal ini mendorong penulis untuk
meneliti tentang strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Dinas Budparpora
dalam memperkenalkan Sendratari Kolosal Subali Sugriwa tersebut. Penelitian ini
bertujuan untuk Mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh
Dinas Budparpora untuk memperkenalkan Sendratari Kolosal Subali Sugriwa di
Goa Kiskendo. Teori Pemasaran Sosial dipakai untuk menggambarkan aktivitas
komunikasi pemasaran, teori ini memberikan penyedia sebuah kerangka untuk
merancang, melakukan, dan mengevaluasi kampanye informasi. Metode
penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang memfokuskan pada
strategi komunikasi pemasaran dalam memperkenalkan Sendratari Kolosal Subali
Sugriwa. Hasil dari penelitian ini adalah Dinas Budparpora menggunakan bauran
komunikasi pemasaran yang meliputi periklanan, public relations, dan direct
marketing. Periklanan dengan menggunakan media luar ruang seperti baliho,
spanduk, dan leaflet; media cetak seperti surat kabar; media elektronik seperti
televisi; dan internet. Public relations dengan cara penyampaian informasi
sendratari melalui famtrip. Direct marketing dengan cara penyampaian informasi
sendratari melalui website. Kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh
Dinas Budparpora belum dilakukan secara keseluruhan, tentu saja proses
komunikasi pemasaran sendratari belum berjalan secara efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 23 Nov 2016 03:47
Last Modified: 23 Nov 2016 03:47
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9225

Actions (login required)

View Item View Item